Berita Terbaru

Sunday, November 15, 2015

GSVL prihatin nasib Imba
by donwu - 0

GS Vicky Lumentut (tengah) bersama Jimmy Rimba Rogi dan Irawati Rogi-Saleh.(foto: ist)
MANADO, SMOcom—Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) pada Jumat (13/11/2015) sore pekan lalu telah membatalkan pencalonan pasangan Jimmy Rimba Rogi dan Boby Daud (Imba-Boda) sebagai pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Manado periode 2015-2020, karena dianggap tidak memenuhi syarat jadi peserta Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota (Pilwako) Manado, padahal tak sampai sebulan lagi pencoblosan 9 Desember 2015 dilakukan. KPUD Manado menganulir keputusannya sendiri terkait polemik status Imba yang dianggap belum bebas murni dari hukumannya sebagai terpidana kasus korupsi APBD Manado 2006 lalu, saat Imba menjabat Walikota. 
Berbagai argumen dan polemik pun muncul pasca putusan KPUD Manado tersebut. Bahkan GS Vicky Lumentut (GSVL) selaku kompetitor Imba di Pilwako Manado saat ini, menyatakan keprihatinannya. Alasannya jelas, pasalnya sejak awal atau di saat lima pasangan calon Walikota dan Wawali Manado mendaftar di KPUD Manado pada 29 Juli 2015 lalu, GSVL dengan tegas berharap agar semua calon yang mendafar memenuhi syarat dan ikut bertarung.
Namun seiring waktu, salah satu calon gugur dalam pencalonan yakni pasangan Markus Palandung-Robert Pardede. Beruntung, pasangan yang masuk melalui jalur perseorangan/independen ini belum terlalu jauh melangkah sehingga bisa dikata baru sedikit cost politik yang dikeluarkan. Dan Jumat pekan lalu, pasangan Imba-Boda akhirnya tereliminasi dari pertarungan, padahal awalnya KPUD Manado menyatakan pasangan yang diusung Partai Golkar dan PAN ini memenuhi syarat.
“Sejak awal, bahkan jauh hari sebelum pendaftaran di KPUD, saya bilang siapapun yang mendaftar untuk ikut berkompetisi di Pilwako Manado, diharapkan tidak ada masalah dan bisa ikut serta. Dengan demikian, masyarakat banyak pilihan dan supaya juga pemilihan ini lebih demokratis,” ujar Calon Walikota yang berpasangan dengan Calon Wakil Walikota Mor D Bastiaan ini, Minggu (15/11/2015).
Satu kerinduan yang selalu dikatakan GSVL kepada para kandidat, tim pemenangan, dan pendukung supaya terus memberikan pendidikan politik yang baik kepada masyarakat, karena dengan memberikan pendidikan politik yag baik kepada masyarakat maka paling tidak sudah ikut berpartisipasi dalam dalam pembangunan demokrasi di Indonesia. “Cukup dengan cara seperti itu kita sudah memberikan sumbangsih yang besar bagi bangsa ini,” kata Walikota incumbent ini.
Diketahui, dalam konferensi pers yang digelar KPUD Manado Jumat sore, Ketua KPUD Manado Eugenius Paransi didampingi para komisioner lainnya membacakan putusan hasil pleno yakni pasangan Imba-Boda tidak memenuhi syarat. Isinya adalah melakukan perubahan Keputusan Nomor 11/Kpts/Kpumdo 023/Pilwako/2015 tentang Penetapan Calon Walikota dan Wakil Walikota Manado, dan keputusan ini berlaku semenjak tanggal diterbitkan.(dsw/skh-swarakita)

« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment