Berita Terbaru

Monday, October 12, 2015

Walikota Manado: Jangan politisasi bantuan pemerintah!
by donwu - 0


Walikota Manado GS Vicky Lumentut.

MANADO, SMOcom- Komitmen Walikota Manado GS Vicky Lumentut (GSVL) untuk menciptakan pilkada berkualitas patut diapresiasi. Meski berstatus incumbent atau petahana yang diajukan partai politik sebagai peserta Pilkada 2015-2020, namun GSVL enggan memanfaatkan potensinya meraup suara dengan tindakan yang bersifat melanggar peraturan dan perundang-undangan, di antaranya terkait dengan daftar pemilih, kesiap-siagaan bencana, dan netralitas PNS/ASN termasuk penyelenggara pemerintahan di tingkat lingkungan atau pala.
Hal ini terkuak dalam Rapat Koordinasi Keasistenan I Sekretariat Daerah yang berlangsung Senin (12/10/2015) di Ruang Toar Lumimuut Kantor Pemkot Manado, Jl Balaikota Tikala. "Saya sudah dapat informasi, mudah-mudahan ini tidak benar, ada Lurah dan Pala yang mencoba-coba membawa saudara kerabatnya untuk dimasukkan dalam daftar pemilih. Saya tegaskan, para Lurah dan Pala laksanakan saja tugas pokok dan fungsinya melayani masyarakat,” ujar Walikota GSVL.
Kemudian, lanjut Walikota, dirinya juga menerima laporan warga, ada Lurah dan Pala yang coba-coba dan sudah melakukan intimidasi kepada warga masyarakat terkait bantuan yang mereka terima. “Saya tegaskan, bantuan pemerintah itu diberikan kepada yang berhak menerima, dan jangan dipolitisasi dan dikaitkan dengan proses politik seperti Pilkada,” ujarnya.
Karena itu Walikota minta para Camat untuk mengawasi dan melaksanakan pembinaan kepada para Lurah dan Pala agar tidak melakukan tindakan bersifat politik praktis, termasuk dalam hal penyaluran bantuan pemerintah. “Kalau warga memang berhak dibantu, tentu kita wajib membantu, jangan diancam dan mengaitkan dengan proses politik seperti pilkada. Silahkan memilih, apakah melayani warga atau mau jadi pemain politik. Kalau mau jadi politisi, silahkan ganti pekerjaan saja,” tandas Walikota.
Di satu sisi, mantan Sekkot Manado ini megeluhkan kekurangsiapan aparatur di wilayah menghadapi bencana seperti kebakaran dan kekeringan. “Beberapa kali saya melihat korban bencana kebakaran baik rumah maupun lahan kering di beberapa kelurahan, Lurahnya tidak berada di tempat,” sindir Walikota Manado sebagaimana dijelaskan Kabag Humas dan Protokol Pemkot Manado Franky Mocodompis.(dsw/skh-swarakita)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment