Berita Terbaru

Saturday, October 24, 2015

Walikota GSVL serahkan PRONA sertifikat tanah secara gratis
by donwu - 0



WALIKOTA Manado GS Vicky Lumentut didampingi Kepala BPN Manado Henro Robertus Motulo menyerahkan PRONA sertifikat tanah kepada warga di Kantor BPN Manado, Jumat (23/10/2015).(foto: ist)
MANADO, SMOcom—Kepemilikan tanah secara sah sangat diharapkan masyarakat. Karena itu menjadi kewajiban bagi pemerintah untuk membantu pengadaan sertifikat sebagai bukti kepemilikan. Sehingga dalam rangka 70 tahun Indonesia merdeka, Walikota Manado GS Vicky Lumentut (GSVL) pada Jumat (23/10/2015) diberi kesempatan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Manado untuk menyerahkan PRONA (Proyek Operasi Nasional Agraria) sertifikat tanah secara gratis ke masyarakat di Kantor BPN Manado.
Dikatakan Walikota GSVL, sertifikat tanah gratis ini merupakan program nasional untuk membantu masyarakat. Karenanya GSVL memberikan selamat kepada para menerima PRONA sertifikat tanah ini. “Semoga warga Manado yang menerimanya bisa memakainya untuk memperkuat dan memperjelas status kepemilikkan tanah miliknya di mata hukum. Namun jika memang sangat diperlukan lagi untuk jaminan pinjaman, kiranya sertifikat tanah itu bisa untuk kepentingan peningkatan perekonomian keluarga yang dibutuhkan bukan hanya untuk kepentingan komsumtif semata,” saran Walikota GSVL yang turut didampingi Kepala BPN Manado Henro Robertus Motulo dan Asisten I Pemkot Manado Joshua Pangkerego.
PRONA adalah salah satu bentuk kegiatan legalisasi asset dan pada hakekatnya merupakan proses administrasi pertanahan yang meliputi; adjudikasi, pendaftaran tanah sampai dengan penerbitan sertipikat/tanda bukti hak atas tanah dan diselenggarakan secara massal. PRONA dimulai sejak tahun 1981 berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 189 Tahun 1981 tentang Proyek Operasi Nasional Agraria. Berdasarkan keputusan tersebut, Penyelenggara PRONA bertugas memproses pensertipikatan tanah secara massal sebagai perwujudan daripada program Catur Tertib di Bidang Pertanahan.(dsw)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment