Berita Terbaru

Wednesday, October 7, 2015

Walikota GSVL ajak warga Manado kawal dana bantuan bencana
by donwu - 0


WALIKOTA Manado GS Vicky Lumentut bersama Kepala BNPB Willem Rampangilei.(foto: ist)

MANADO, SMOcom- Walikota Manado GS Vicky Lumentut (GSVL) berharap masyarakat yang akan menerima bantuan bencana alam Januari 2014, yang telah ditandatanganinya bersama Badan Nasional Penanggulanggan Bencana (BNPB) dan Kementerian Keuangan, akan memanfaatkan dana ini nantinya sebagaimana ketentuan. “Ini dipakai untuk membangun rumah tempat tinggal yang terdampak bencana. Sekali lagi jangan dipakai untuk lainnya seperti menjadi modal, tetapi bangunlah tempat tinggal yang rusak karena bencana,” ujarnya.
Walikota berharap masyarakat sabar menunggu realisasinya, sebagaimana diatur BNPB. Pasalnya pemerintah pusat melalui Kementerian Keuangan akan mentransfer dana tersebut dari rekening umum kas negara ke kas daerah, dimana dengan nominal hampir Rp1,4 trilyun seluruh Indonesia, Manado menjadi penerima terbesar yakni sebesar Rp213 milyar. “Jika kelak dana sudah dikucurkan, saya mengajak semua masyarakat Manado untuk mengawal bersama bantuan dana ini, supaya disalurkan tepat sasaran,” ajak GSVL.
Dirinya tak lupa mengucapkan selamat kepada masyarakat Manado yang sudah mendapat persetujuan pemerintah pusat terkait dana bencana. GSVL bersyukur, perjuangan panjang selama lebih dari setahun akhirnya membuahkan hasil. “Untuk Manado, yang paling besar jumlahnya dari 126 Provinsi/Kabupaten/Kota yang menerima yaitu dengan 213 milyar atau hampir seperempat trilyun. Saya menyampaikan terima kasih kepada Kepala BNPB karena apa yang kita perjuangkan setahun terakhir ini, ternyata hari ini boleh kita lihat direalisasikan,” ungkap pemimpin visioner ini.
Selain itu ada juga dipakai perencanaan pendampingan dalam rangka merealisasikan pembangunan fisik yang telah ditetapkan bersama BNPB, dan ini tahap pertama dari rencana dua tahap bantuan. “Jika sudah digunakan baik, tahun depan juga akan diberikan sisanya, dengan catatan dikelola dengan baik, transparan, dan pertanggungjawaban. Kami akan kembali dengan BPBD untuk mendatakan 1000 unit rumah ini yang menjadi prioritas awal dan penerima dana bantuan yang lain,” ujar Ketua Walikota se-Indonesia ini.
Sebelumnya Kepala BNPB Willem Rampangilei memuji peran GSVL sehingga dana hibah ini bisa segera tersalurkan. Tidak banyak orang yang tahu kalau keluarnya Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 162/PMK.07/2015 tentang Hibah ini sebagai hasil kerja keras dan kerja cerdas Walikota Manado. Jadi GSVL tak hanya pikirkan rakyat Manado, tapi juga berpikir untuk rakyat Indonesia yang kena musibah bencana alam.
“Saya ingat persis, dulu dengan Walikota Manado Pak Vicky, kira-kira satu tahun yang lalu kami datang kepada Kementerian Keuangan untuk menyelesaikan masalah ini. Jadi Pak Vicky, kita bisa menyelesaikan apa yang kita mulai hampir setahun yang lalu. Jadi cukup, kalau kita lihat dalam rentang waktu ini kita menyelesaikan penyesuaian dan perubahan PMK yang baru, menurut saya itu cepat. Oleh karena itu kami sampaikan apresiasi yang tinggi kepada Pak Vicky dan juga pihak Kementerian Keuangan,” ungkap Rampangilei yang saat itu langsung disambut aplaus beberapa kepala daerah di Indonesia yang hadir untuk menadatangani hibah, di Jakarta, Selasa (6/10/2015) sore.(dsw)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment