Berita Terbaru

Monday, October 12, 2015

Soal Raskin, Walikota Manado bantah intervensi Kepala Lingkungan
by donwu - 0


Walikota Manado GS Vicky Lumentut.

MANADO, SMOcom- Pemberitaan salah media online di Manado yang mengangkat masalah beras untuk rumah tangga miskin (Raskin), ditanggapi bijak Walikota Manado GS Vicky Lumentut (GSVL). Dirinya menjelaskan bahwa berita tersebut ditujukan kepada dirinya selaku Walikota Manado dan juga sebagai Calon Walikota Manado nomor urut 3. “Tudingan itu tidak beralasan. Saya tidak pernah mengintervensi dan menyuruh Lurah ataupun Pala untuk menekan warga dengan cara-cara seperti itu. Jadi saya minta masyarakat jangan percaya dengan isu-isu seperti itu,” ujar GSVL di kantor Pemkot Manado Jl Baalikota Tikala, Senin (12/10/2016).
Justru dirinyalah yang menerima laporan warga bahwa ada Lurah dan Pala yang coba-coba dan sudah melakukan intimidasi kepada warga masyarakat terkait bantuan yang mereka terima. “Bantuan pemerintah itu diberikan kepada yang berhak menerima, dan jangan dipolitisasi dan dikaitkan dengan proses politik seperti Pilkada,” kata GSVL.
Dan sebagai Walikota, GSVL memerintahkan jajarannya, mulai dari Camat, Lurah hingga Kepala Lingkungan (Pala) untuk mengawal penyaluran Raskin ini, dan menyalurkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, sebagaimana visi program Raskin ini. “Camat saya minta untuk mengawasi dan melaksanakan pembinaan kepada para Lurah dan Pala agar tidak melakukan tindakan bersifat politik praktis, termasuk dalam hal penyaluran bantuan pemerintah. Kalau warga memang berhak dibantu, tentu kita wajib membantu, jangan diancam dan mengaitkan dengan proses politik seperti pilkada,” tegas Walikota.
Hal ini diungkapkan Walikota GSVL menanggapi pemberitaan media online tersebut yang dimana katanya ada seorang Ibu Rumah Tangga (IRT) di Kelurahan Bailang, Kecamatan Bunaken pada Minggu (11/10/2015) yang mengaduh kepada Calon Walikota yang masih menjabat Wakil Walikota, karena diancam oknum Kepala Lingkungan (Pala) agar memilih kandidat Calon Walikota nomor urut 3 jika masih ingin mendapatkan bantuan pemerintah berupa raskin. Berita ini kemudian disebar ke media sosial Facebook. “Di berbagai kesempatan saya sering mengajak kita semua, dalam menghadapi pilkada ini jangan menyebar fintah. Mari torang memberikan pendidikan politik yang baik kepada masyarakat,” tegas GSVL.
Tak mau menanggapi berlebihan isu tersebut, Walikota GSVL kemudian menjelaskan apa itu Raskin. Dikatakannya, Raskin merupakan subsidi pangan dalam bentuk beras yang diperuntukkan bagi rumah tangga berpenghasilan rendah sebagai upaya dari pemerintah untuk meningkatkan ketahanan pangan dan memberikan perlindungan sosial pada Rumah Tangga Sasaran (RTS). Keberhasilan Program Raskin diukur berdasarkan tingkat pencapaian indikator 6T, yaitu: tepat sasaran, tepat jumlah, tepat harga, tepat waktu, tepat kualitas, dan tepat administrasi.
Program ini bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran Rumah Tangga Sasaran (RTS) melalui pemenuhan sebagian kebutuhan pangan pokok dalam bentuk beras dan mencegah penurunan konsumsi energi dan protein. Selain itu raskin bertujuan untuk meningkatkan/membuka akses pangan keluarga melalui penjualan beras kepada keluarga penerima manfaat dengan jumlah yang telah ditentukan.
Bagaimana mekanisme penyaluran Raskin? Perum BULOG bersama Tim Koordinasi Raskin menyusun rencana penyaluran bulanan yang dituangkan dalam Surat Permintaan Alokasi (SPA). Raskin disalurkan Perum BULOG ke Titik Distribusi (TD) yaitu lokasi yang ditentukan dan disepakati Perum BULOG dan Pemerintah Kabupaten/Kota, kemudian Pemerintah Kabupaten/Kota bertanggung jawab mendistribusikan Raskin dari TD ke Titik Bagi (TB) yaitu lokasi tempat penyerahan beras Raskin kepada para RTS-PM, untuk selanjutnya dibagikan kepada RTS-PM Raskin.(dsw/tnp2k/skh-swarakita)


APA ITU PROGRAM RASKIN?
Salah satu program penanggulangan kemiskinan dan perlindungan sosial di bidang pangan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Pusat berupa bantuan beras bersubsidi kepada rumah tangga berpendapatan rendah (rumah tangga miskin dan rentan miskin). Program Raskin adalah program nasional lintas sektoral baik vertikal (Pemerintah Pusat sampai dengan Pemerintah Daerah) maupun horizontal (lintas Kementerian/Lembaga), sehingga semua pihak yang terkait bertanggung jawab sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing untuk kelancaran pelaksanaan dan pencapaian tujuan Program Raskin.

APA TUJUAN PROGRAM RASKIN?
Untuk mengurangi beban pengeluaran rumah tangga sasaran dalam memenuhi kebutuhan pangan pokok dalam bentuk beras. Lebih jauh bertujuan untuk membantu kelompok miskindan rentan miskin mendapat cukup pangan dan nutrisi karbohidrat tanpa kendala. Efektivitas Raskin sebagai perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan sangat bergantung pada kecupan nilai transfer pendapatan dan ketepatan sasaran kepada kelompok miskin dan rentan.

SIAPA BERHAK TERIMA RASKIN?
Rumah tangga yang berhak menerima beras Raskin, atau juga disebut Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat (RTS-PM) Program Raskin, adalah rumah tangga yang terdapat dalam data yang diterbitkan dari Basis Data Terpadu hasil PPLS yang dikelola oleh Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) dan disahkan oleh Kemenko Kesra RI. Penerima Raskin yaitu rumah tangga yang menerima Kartu Perlindungan Sosial (KPS) sebagai penanda kepesertaannya, atau Surat Keterangan Rumah Tangga Miskin (SKRTM) untuk rumah tangga pengganti hasil musyawarah desa/kelurahan.

MEKANISME PENETAPAN PAGU RASKIN?
Pagu Raskin nasional merupakan hasil kesepakatan pembahasan antara Pemerintah dan DPR yang dituangkan dalam Undang-Undang APBN. Pagu Provinsi ditetapkan Deputi Menko Kesra Bidang Koordinasi Perlindungan Sosial dan Perumahan Rakyat selaku Ketua Pelaksana Tim Koordinasi Raskin Pusat. Penentuan nama dan alamat serta sebaran Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat (RTS-PM) menggunakan data Basis Data Terpadu yang dibangun berdasarkan hasil pendataan Program Perlindungan Sosial (PPLS).

MEKANISME PENYALURAN BERAS RASKIN?
Perum BULOG bersama Tim Koordinasi Raskin menyusun rencana penyaluran bulanan yang dituangkan dalam Surat Permintaan Alokasi (SPA). Raskin disalurkan Perum BULOG ke Titik Distribusi (TD) yaitu lokasi yang ditentukan dan disepakati Perum BULOG dan Pemerintah Kabupaten/Kota. Pemerintah kabupaten/kota bertanggung jawab mendistribusikan Raskin dari TD ke Titik Bagi (TB) yaitu lokasi tempat penyerahan beras Raskin kepada para RTS-PM, untuk selanjutnya dibagikan kepada RTS-PM Raskin.
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment