Berita Terbaru

Friday, October 30, 2015

Pemerintah Qingdao mengakui kecerdasan GSVL baca peluang
by Unknown - 0

WALIKOTA Manado GS Vicky Lumentut dan Ketua Komite Tetap Kongres Masyarakat Kota Qingdao Wang Men Hwa saat menandatangani MoU Sister City Manado dan Qingdao di Hotel Aryadua Jumat (30/10/2015) malam.
MANADO, SMOcom—Kecerdasan Walikota Manado GS Vicky Lumentut (GSVL) membaca peluang diakui Wang Men Hwa selaku Chairman of the Standing Committee of Qingdao Municipal People's Congress atau Ketua Komite Tetap Kongres Masyarakat Kota Qingdao, Republik Rakyat Tiongkok (RRT). Alhasil, Pemkot Qingdao pun jauh-jauh dari RRT datang ke Manado hanya untuk bertemu Pemkot Manado dan menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) atau kerjasama “Sister City” kedua kota ini.
17 anggota delegasi yang dipimpin langsung Wang tiba di Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado Jumat (30/10/2015) sore sekitar pukul 16.00 Wita. Rombongan dijemput Walikota GSVL, Ketua Dekot Manado Noortje Van Bone serta sejumlah SKPD Pemkot Manado. Malamnya, sekitar pukul 20.00 Wita dilakukan penandatanganan MoU di Hotel Aryaduta, Kelurahan Wenang Utara.
Dalam sambutannya, Wang salut dengan keseriusan Pemkot Manado dibawah pimpinan Walikota GSVL, sehingga merekapun serius menggarap peluang kerjasama “Sister City” ini. “Walikota Manado serius, itu yang paling penting. Itu jugalah kenapa kami serius ke sini. Bukti keseriusan kami, saya bawa kongres, pemerintah dan pengusaha. Semoga ini jadi awal baik bagi Manado dan Qingdao melakukan kerjasama ini,” ujar Wang dalam bahasa China yang diterjemahkan penerjemah.
Dikatakan pula, pihaknya memilih Manado untuk dijadikan Sister City karena Manado punya banyak kesamaan dengan Qingdao, baik dari geografis maupun sumber daya alam. “Manado dan Qingdao itu sama, letak kotanya di teluk, ada laut, pantai, juga pegunungan. Sementara sumber daya alammnya, kami juga punya perikanan, pariwisata dan lain sebagainya. Nah sumber daya alam yang Manado punya bisa diekspor ke Qingdao,” ujar Wang, seraya berharap, kerjasama ini ditindaklanjuti dan terus ditingkatkan untuk kesejahteraan warga Manado maupun warga Qingdao. “Maret 2016 mendatang kami mengundang Pemkot Manado datang ke Qingdao,” ujar Wang.
Dalam acara di Aryaduta, delegasi Qingdao disuguhkan dengan tarian-tarian daerah khas Sulut. Bahkan mereka terlihat terhibur, bahkan mengabadikannya lewat kamera. Dalam penandatangan MoU ini, Walikota GSVL didampingi Ketua Dekot Noortje Van Bone. Hadir juga para Kepala SKPD Pemkot Manado, Camat dan sejumlah Anggota Dekot. Sebagai cenderamata, Walikota GSVL membeirkan Kaeng Manado kepada semua delegasi Qingdao.(dsw/skh-swarakita)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment