Berita Terbaru

Sunday, October 4, 2015

Pemerintah pusat akui komitmen Walikota Manado perangi korupsi
by donwu - 0

WALIKOTA Manado GS Vicky Lumentut saat menerima Penghargaan WTP dari Menteri Keuangan di Jakarta.
JAKARTA, SMOcom- Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution yang membuka langsung Rapat Kerja Nasional Akuntasi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah tahun 2015 di Jakarta, Jumat (2/10/2015) pekan lalu, menegaskan, Gubernur, Walikota, dan Bupati yang sukses menjadikan daerahnya meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas pengelolaan keuangan daerah  patut diberikan apresiasi khusus. “Mendapatkan opini WTP dari BPK bukan pekerjaan mudah,” ujar Darmin saat memberikan sambutan.
Dikatakannya, butuh komitmen dan keseriusan kepala daerah beserta jajarannya untuk mempelopori pemberantasan korupsi dan penyelewengan anggaran. "Kita harus apresiasi lebih kepada kepala daerah yang daerahnya mendapatkan opini WTP dari BPK. Tentu itu adalah bukti nyata kepala daerahnya berperang melawan korupsi dan itu bukan hal mudah untuk dilakukan," tegas mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) itu.
Ia menuturkan, kinerja kepala daerah yang bisa menjaga aparaturnya mengelola keuangan secara transparan, merupakan salah satu revolusi mental yang layak dipertahankan. Apalagi, hanya sebagian kecil saja daerah yang bisa mendapatkan WTP, di mana Manado menjadi salah satu dari 50 kota yang menerima penghargaan.
Menteri Keuangan Bambang PS Brodjonegoro berharap, dengan penghargaan berkat Opini WTP dari BPK RI, akan mewujudkan motivasi dari pemerintah dalam menciptakan pengelolaan keuangan daerah bersifat transparansi dan akuntabel. Karenanya Menkeu mengajak seluruh kepala daerah di Tanah Air untuk terus menata kerja di pemerintahannya dengan lebih memfokuskan perbaikan di bidang keuangan. Untuk Pemkot Manado, Menkeu salut atas kerja keras pemerintah sehingga bisa meraih WTP untuk pertama kalinya, kendati Manado dilanda banjir bandang Januari 2014.(dsw)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment