Berita Terbaru

Friday, October 30, 2015

Masyarakat pertanyakan penundaan Pilkades Desa Sawang Utara
by Unknown - 0

Personil Komisi I Dekab Talud, Semuel Bentian SH MH, Richard Mahole SH MH dan Godfried Timpua saat audiens dengan Ketua Panitia Pilkades Sawang Utara Nelson Entiman SH.
MELONGUANE, SMOcom—Warga Desa Sawang Utara Kecamatan Melonguane, Talaud bingung. Pasalnya, sesuai aturan dan jadwal yang ditetapkan panitia pemilihan kepala desa (pilkades), pemunguatan suara seharusnya dilaksanakan Sabtu (31/10/2015) besok. Namun tahapan yang berjalan baik tersebut dihentikan Pemkab Talaud melalui surat edaran yang ditandatangani Asisten I Bidang Tata Pemerintahan. Intinya menunda Pilkades Sawang Utara dengan alasan demi keamanan pelaksanaan Pmilihan Gubernur (Pilgub) 9 Desember 2015. 
Masyarakat setempat pun jadi bertanya-tanya. "Kalau mau ditunda, mestinya semua ditunda. Tetapi mengapa pilkades Kiama dan Mala tetap boleh berjalan, sementara Sawang Utara harus ditunda? Ada apa sebenarnya," tanya Jetmal Lambuaso tokoh pemuda Talaud
Mendengar informasi tersebut, Komisi I Dekab Talaud langsung merespon dan menuju ke Desa Sawang Utara untuk mengkonfirmasinya dengan pantia pelaksana. "Situasi di lapangan sangat kondusif dan tidak ada tanda-tanda bakal munculnya kerawanan apalagi sampai mengganggu jalannya pilgub yang masih 40 hari jauhnya," ungkap salah satu personil Komisi I. Mereka pun merekomendasikan agar pilkades Sawang Utara tetap dilaksanakan sesuai tahapan. "Pelaksanaan sesuai tahapan, itu penting agar kita selaku pemerintah daerah tidak memberi pelajaran yang salah kepada masyaraakat dan tidak menciderai demokrasi itu sendiri," lanjut sumber. 
Sementara Ketua Panitia Pilkades Nelson Entiman SH menjelaskan, berdasarkan hasil audiensi masyarakat dengan Komisi I Dekab tersebut diatas, oleh Bupati Sri Wahyumi Maria Manalip SE seluruh calon pilkades dan panitia diminta bertemu dengan Bupati pada Sabtu (31/10/2015) besok. "Soal siap tidak siap panitia bekerja berdasarkan prosedur dan aturan yang ada. Saat ini sudah ada surat penundaan dari Asisten I Setdakab. Panitia berpegang pada surat trsebut, sambil menunggu keputusan atau hasil pertemuan Sabtu besok dengan pimpinan daerah. Kita tunggu saja sampai selesainya pertemuan besok. Tapi kami mengapresiasi upaya Dekab khususnya Komisi I yang mau mendengar keluhan dan suara masyarakat. Mudah-mudahan ada keputusan yang baik bagi semuanya dalam pertemuan keempat calon, panitia pilkades dan Ibu Bupati,” tutup Entiman.(den)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment