Berita Terbaru

Wednesday, October 7, 2015

Masa konsultasi APBD-P Manado 2015 di Pemprov sepekan
by donwu - 0


WALIKOTA Manado GS Vicky Lumentut dan Ketua Dekot Manado Noortje Van Bone.

MANADO, SMOcom- Setelah disetujuinya Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD-P) Tahun 2015 melalui Rapat Paripurna beberapa hari lalu, maka Dekot dan Pemkot Manado langsung mengkonsultasikan APBD-P 2015 tersebut ke Gubernur Sulut sebelum ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda).
Ketua Dekot Manado Noortje Van Bone mengatakan, saat ini sedang menunggu penetapan jadwal konsultasi oleh Biro Hukum Pemprov Sulut. “TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah) dan Banggar (Badan Anggaran) Dekot akan dipanggil untuk membahas perubahan tersebut. Diperkirakan masa konsultasi berlangsung sepekan, jika semuanya dianggap memenuhi ketentuan hukum dan tidak ada penambahan anggaran yang tidak wajar, akan langsung mendapatkan persetujuan dari Gubernur Sulut,” katanya Rabu (7/10/2015) di gedung Parlemen, Jl Balaikota Tikala.
Dirinya mengatakan, konsultasi perubahan APBD ke Pemprov Sulut dalam hal ini Gubernur mengacu pada UU Nomor 32 Tahun 2003 tentang Pemerintahan Daerah. "Jika APBD-P sudah disetujui, maka TAPD dan Banggar Dekot tinggal melakukan penyelarasan untuk kemudian ditetapkan sebagai Perda dan masuk dalam lembar daerah," ujar Van Bone.
Menurutnya, APBD-P 2015 harus dilakukan karena ada banyak pembiayaan yang bertambah menjelang akhir tahun anggaran, seperti penambahan anggaran untuk pelaksanaan Pilkada dan pembangunan fisik. “Jika dalam konsultasi nanti ada hal-hal yang berubah, maka segera dilakukan, supaya bisa dimasukan dalam perubahan dan ditetapkan supaya tidak menghalangi proses penetapanya sebagai Perda,” tutur Van Bone.
Srikandi Partai Demokrat ini juga menegaskan, APBD-P akan diawasi ketat oleh lembaga legislatif untuk menghindarkan terjadinya penyimpangan, terutama untuk mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK atas pengelolaan keuangan daerah. "Kami bertugas menyusun, menyetujui dan mengawasi pelaksanaan anggaran, jadi perubahan serta pelaksanannya akan diawasi untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan dalam pelaksanaannya," tegasnya.(wan)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment