Berita Terbaru

Tuesday, October 27, 2015

Jembrana Bali tertarik adopsi program unggulan Manado
by donwu - 0


Kepala Bappeda Manado, Peter KB Assa.

MANADO, SMOcom—Program unggulan yang dijalankan Pemkot Manado selama ini terus mendapat perhatian sejumlah daerah di Tanah Air. Pasalnya program-program pro-rakyat yang dicetuskan Walikota GS Vicky Lumentut (GSVL) ini dianggap sebagai program brilian karena bisa menyentuh masyarakat dan semua wilayah. Dan kali ini pemerintah Jembrana, Bali, tertarik mengadopsi program-program tersebut. Buktinya, belum lama Dekab Jembrana berkunjung ke Manado dan mencari tahu keunggulan 8 program unggulan Pemkot Manado.
“Mereka datang berkunjung ke Pemkot Manado untuk mendapatkan informasi, referensi, dan pembelajaran terkait beberapa program yang sementara dijalankan, salah satunya program Pembangunan Berbasis Lingkungan (PBL) Mapalus. Mereka juga belajar soal pemberdayaan dan pengelolaan keuangan SKPD Kelurahan,” ujar Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Manado, Peter KB Assa.
Kepada Dekab Jembrana, Assa menjelaskan bahwa PBL Mapalus pertama kali digelar pada 2012 berdasarkan Peraturan Walikota (Perwako) Manado Nomor 46 Tahun 2011. "Istilah PBL Mapalus pada awalnya adalah PBL Mapaluse yang berasal dari Minahasa dan Sangihe yang artinya gotong royong atau bekerja bersama-sama," ujarnya, seraya mengatakan PBL Mapalus kini menjadi singkatan dari Pembangunan Berbasis Lingkungan Guna Membangun Prasarana Lingkungan dan Sosial.
Dikatakannya, bahwa kegiatan PBL Mapalus ini berfokus untuk membangun Manado langsung ke tingkat lingkungan. Dijelaskannya, dana yang dikucurkan Pemkot Manado melalui APBD ini per Lingkungan mendapatkan dana sekitar Rp74.000.000. “Pelaksanaan kegiatan PBL Mapalus ini, Pemkot Manado telah menyediakan panduan untuk masyarakat berupa buku yang berfungsi untuk mempermudah pelaksanaan kegiatan ini. Untuk mempermudah masyarakat dalam membuat proposal anggaran dan kegiatan maka kami Bappeda telah membuat panduan dalam bentuk excel dan gambar yang siap digunakan," terang Assa.(dsw/skh-swarakita)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment