Berita Terbaru

Tuesday, October 27, 2015

Cek sistem keamanan, Dekot Manado tinjau tempat hiburan
by Unknown - 0

Ketua Dekot Manado, Noortje Van Bone.
MANADO, SMOcom—Sejumlah Komisi di Dekot Manado tengah mempersiapkan langkah inisiatif memanggil dan akan mengunjungi pengusaha hiburan guna mempertanyakan tingkat keselamatan pengunjung. Ketua Dekot Noortje Van Bone, meminta agar aspek-aspek pendukung warga tetap terjamin keselamatan harus ditinjau kembali. "Kita harus bergerak mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan terjadi pada warga. Salah satu cara memanggil mereka melihat prosedur keamanan pengunjung dan pekerja di semua tempat hiburan," kata Van Bone di gedung Parlemen Jl Balaikota Tikala, Senin (26/10/2015).
Ketua Komisi B, Revanni Parasan pun setuju kalau pihak terkait seperti Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) harus ikut dalam kunjungan sebab dari mereka pula perizinan. "Setiap usaha yang menyangkut hiburan jadi tupoksi mereka sehingga hal-hal yang kemungkinan salah arah dapat mereka jelaskan," ujar Parasan.
Legislator Lili Walanda menambahkan, hal teknis penting ada di setiap tempat Karaoke dan Pub itu jangan sampai melupakan keselamatan. Misalkan, mereka harus memiliki lampu darurat yang menyala saat ada kejadian berbahaya, ada tangga darurat, tenaga karyawan terlatih dan lainnya. "Lewat prosedur semacam itu maka memungkinkan suatu usaha mengembangkan terus kerjaan mereka," tutur anggota Komisi B itu.
Senada disampaikan, anggota Komisi A Mona Kloer, bahwa menciptakan kondisi dan hunian aman sebagai tempat refreshing dan hiburan keluarga sudah jadi kebutuhan setiap warga.Kendati demikian, antisipasi setiap kemungkinan kemungkinan terburuk, pantau kemudian memperbaiki setiap kerusakan kecil berpotensi bahaya jangan dielakkan."Penting diakomodir pula tentang jaminan keselamatan bagi pengunjung, menyangkut alatnya. Dan perkara kejadian ini pihak pengelolah tempat hiburan itu harus menyelesaikan tanggung jawab sampai selesai dan Pemerintah perlu mengoptimalkan pelayanan publik dan maksimalkan program," jelasnya.
Dari sejumlah penyampaian penting para penghuni lembaga dewan, masing-masing personil komisi langsung menyetujui guna turun lapangan (turlap), Selasa (27/10/2015) besok. Respon turlap langsung disanggupi Ketua Komisi D Apriano Saerang, sembari menuturkan kalau rekan-rekan komisinya telah menyetujuinya. Menurutnya, pemanggilan pengelolah usaha guna mendapatkan secara detail keterangan penyebab kejadian. Termasuk lainnya terkait tugas komisi. "Pemanggilan ini murni bagian pengawasan dan kami punya kewajiban menindaklajutinya. Jika tak pahami prosedur yang telah ada maka tindakan cepat menunda kelanjutan usaha mereka bisa direkomendasikan," pungkasnya.
Diketahui, rata-rata para legislator berkomitmen turun lapangan dengan tujuan meninjau langsung guna memperbaiki kondisi salah antisipasi pihak pengelolah hiburan pub dan karaoke. Rasa duka mendalam bagi keluarga korban kebakaran tempat hiburan karaoke Inul Vista terus menuai perhatian dari legislator Manado. Apalagi, dari tragedi kebakaran tersebut ada satu keluarga legislator Christania Lina Pusung ikut jadi korban luka dan sementara mendapat perawatan medis di rumah sakit.(wan/skh-swarakita)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment