Berita Terbaru

Sunday, September 13, 2015

Woouuuww....Pemkab Bolmong-Bolsel Berebut Lahan Pertambangan Emas
by noberd losa - 0

Manado - Kekayaan alam khususnya kandungan logam mulia atau Emas di Kecamatan Pinolisian - Kecamatan Lulayan jadi primadona bagi warga Bolmong Raya bahkan karena alasan ini pula yang menyebabkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong dan Bolmong Selatan saling klaim daerah tersebut dan telah berlangsung lama.
Pada akhir pekan lalu, jajaran pimpinan DPRD Bolmong mendatangi DPRD Sulut meminta agar memfasilitasi lewat rapat dengar pendapat antara Pemkab Bolmong dan Bolsel.
Rombongan yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling menegaskan Bolming dirugikan dengan pemekaran beberapa tahun silam karena tapal batas bergeser 120 kilomter bujur sangkar padahal lahan tersebut kaya akan kandungan emas.
"Kami berpatokan pada perjanjian adat Itung-itung antara tokoh masyarakat bolmong dan bolsel pada tahun 2005, sementara pemkab bolsel diuntungkan dengan UU pemekaran tahun 2008," jelas Welty.
Menurut Welty, UU pemekaran tersebut tercipta 3 tahun setelah terlahir peejanjian Itung-itung yang harusnya dijalankan pemkab Bolsel.
Lanjut Welty, DPRD Sulut diminta segera mengambil langkah politik karena jika dibiarkan berlarut-larut akan berpotensi konflik.
Menanggapi ini, anggota Komisi I DPRD Sulut yang juga perwakilan Bolmong Raya menyatakan akan segera melakukan mediasi terhadap kedua pemkab melalui rapat dengar pendapat.(Obe)

« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment