Berita Terbaru

Saturday, September 5, 2015

Walikota GSVL: Festival Bantik diusulkan menjadi Perda Manado
by donwu - 0

Walikota Manado GS Vicky Lumentut saat memberikan 
sambutan di Festival Seni Budaya Bantik 2015 di Lapangan 
Bantik, Malalayang, Sabtu (5/9/2015) siang.(foto: ist)
MANADO, SwaraManado.com- Kepedulian yang besar dari Walikota Manado GS Vicky Lumentut (GSVL) pada warganya merupakan suatu hal yang patut dicontohi. Pada Sabtu (5/9/2015) kemarin, GSVL diundang menghadiri langsung Festival Seni Budaya Bantik 2015 dan Peringatan 66 Tahun Gugurnya Pahlawan Nasional asal Bantik Robert Wolter Mongisidi, yang digelar di Lapangan Bantik, Malalayang.
Di hadapan warga Batik, GSVL mengungkapkan sosok Bote—sapaan akrab almarhum Robert Wolter Mongisidi—yang telah gugur memperjuangkan kemerdekaan Indonesia patut diwarisi semangatnya. “Bangsa yang besar adalah bangsa yang mau mengenang jasa para pahlawannya. Mari kita isi kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh pahlawan-pahlawan kusuma bangsa. Selamat melestarikan nilai-nilai budaya, sebagai aset kejayaan di Manado,” ujar GSVL yang disambut aplaus ribuan warga Bantik yang hadir.
Walikota GSVL merespon dan mendukung penuh agenda ini, karena festival Bantik ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memelihara jati diri dan kearifan lokal. “Festival Bantik ini menambah kekayaan budaya kita dan menunjang pariwisata kita. Karena itu, saya minta pertahankan terus semangat dan jati diri Bantik ini. Semoga juga juga menjadi garda terdepan dalam menjaga keamanan dan kedamaian di Manado,” ujar GSVL.
Orang nomor satu di Ibukota Sulut ini juga mengatakan bahwa Festival Seni Budaya Bantik ini telah menjadi calender of ivent atau kalender tetap pariwisata Manado. Sehingga, kegiatan tersebut dilaksanakan setiap tahun kerjasama Pemkot Manado dan organisasi Adat Bantik. Iven yang dilaksanakan bertepatan dengan peringatan gugurnya pahlawan Nasional RW Mongisidi itu, setiap tahun mengalami peningkatan dalam penyelenggaraannya. "Selama lima tahun kepemimpinan saya di Manado penyelenggaraan Festival Seni Budaya Bantik tahun demi tahun semakin semarak. Ini ditandai dengan acaranya yang semakin menarik. Bahkan tahun ini (2015, red) ada anak suku Bantik dari luar negeri dan dari Jabodetabek hadir dalam kegiatan ini," tukas Walikota.
Untuk lebih menguatkan Festival Seni Budaya Bantik ini, lanjut GSVL, selain menjadi kalender tetap maka akan diusulkan ke Dekot Manado untuk dijadikan Peraturan Daerah (Perda). “Budaya ini aset kita, aset Manado. Jadi harus terus dilestarikan. Untuk itu saya akan usulkan ke Dekot Manado supaya dibuatkan Perda, sehingga siapapun Walikota Manado tahun-tahun selanjutnya, akan tetap mempertahankan dan melanjutkan agenda pariwisata ini,” terang GSVL.(dsw)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment