Berita Terbaru

Wednesday, September 16, 2015

Parkir sembarangan di jalan Manado langsung ditilang
by donwu - 0

MANADO, SwaraManado.com- Meningkatnya volume kendaraan, aktivitas masyarakat yang sangat padat, kurangnya kesadaran masyarakat dan kondisi jalan di Manado merupakan penyebab utama terjadinya kemacetan. Hal tersebut dikatakan Kapolda Sulut Brigjen Pol Drs Wilmar Marpaung SH, saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Forum Lalu Lintas yang dihadiri aparat Kepolisian, Pemkot Manado, Pemprov Sulut serta Organda, Rabu (16/9/2015) siang di ruang Tribrata Mapolda Sulut, Jl Bethesda Sario, yang dihadiri Walikota Manado GS Vicky Lumentut (GSVL).
Marpaung mengatakan, masalah kemacetan di Manado harus disikapi semua pihak termasuk di dalamnya masyarakat. Menurutnya, kondisi pembangunan yang begitu pesat, akan disertai dengan bertambahnya jumlah kendaraan yang beroperasi. Meski demikian, kesadaran pengguna jalan untuk disiplin dan mematuhi aturan, belum sepenuhnya terlihat sehingga menimbulkan kemacetan. Dikatakan Marpaung, perlu adanya peran serta dan sinergitas dari stakeholders dan masyarakat untuk menciptakan keamanan, keselamatan kelancaran dan ketertiban lalu lintas (kamseltibcarlantas) dengan memberdayakan seluruh potensi yang ada.
“Dari paparan tadi, meningkatnya volume kendaraan, aktivitas masyarakat yang sangat padat, kurangnya kesadaran masyarakat dan kondisi jalan di Manado merupakan penyebab utama terjadinya kemacetan. Ternyata pengguna jalan baik motor, mobil hingga pejalan kaki tidak tertib. Selain itu, banyak kendaraan yang parkir sembarang tempat. Jumlah kendaraan di Manado ini tidak sedikit, jumlahnya hampir 2.500.000 kendaraan. Belum lagi jalannya yang terbatas,” kata Kapolda yang memimpin rapat, didampingi Wakapolda Kombes Pol Drs SY Hermawan.
Menariknya, setelah mendengarkan penyampaian dari para peserta rakor, Jenderal Bintang satu itu meminta Dinas Perhubungan Manado dan Dinas Perhubungan Sulut untuk langsung memasang rambu-rambu lalu-lintas di sejumlah titik rawan macet. Bahkan, maraknya kendaraan yang parkir sembarang tempat, Kapolda memerintahkan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Manado, maupun dinas terkait, untuk menindak tegas para pengendara yang tidak tertib.
“Kita laksanakan program jangka pendek ini. Berikan himbauan terakhir. Kalau tidak mematuhi, parkir sembarangan langsung berikan penindakan hukum berupa tilang. Ban mobil atau motor dikempiskan kalau tidak ada orangnya. Kalau perlu mobilnya diderek. Nanti tambah personil di lapangan. Personil di setiap Polsek, Sabhara maupun Pol-PP turun langsung membantu Satlantas dan Dishub. Jangan hanya sampai rapat saja, harus segera tindak lanjuti di lapangan. Evaluasi setiap minggu,” tegas Kapolda, sembari menambahkan agar ada perwira yang ditunjuk untuk mengawasi anggota yang bertugas di jam macet.
Dalam rakor ini, selain dihadiri Kapolda, Wakapolda, Irwasda dan pejabat utama, sejumlah dinas terkait seperti Dinas Pekerjaan Umum Manado, Dishub Manado, Sat Pol PP Manado, Jasa Raharja, serta Organda dan wartawan, turut memberikan sumbang saran dan solusi dalam mengurai kemacetan di Manado.(obi)


« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment