Berita Terbaru

Tuesday, September 22, 2015

Kebakaran sudah hanguskan 300 hektar kawasan Tangkoko
by donwu - 0

Sebagian kecil kebarakan yang melanda kawasan
Tangkoko, Bitung, Selasa (22/9/2015) siang.(foto: ist)
BITUNG, SwaraManado.com- Kabar buruk kembali diperoleh dari posko Manggala Agni (petugas kebakaran kehutanan), dimana pada Selasa (22/9/2015) siang ini api kembali membakar sebagian besar Taman Wisata Alam (TWA) Tangkoko, Batuputih. Kasus ini terjadi akibat dampak kemarau yang berkepanjangan. Lebih disayangkan lagi, api yang membakar alang-alang ini mulai membakar kawasan konservasi Cagar Alam Tangkoko hingga 300 hektar (Ha).
“Pagi tadi (kemarin, red) seharusnya posko Tangkoko sudah ditutup dan dipindahkan ke Girian sebagai posko siaga. Namun saat mau pulang kembali, kami melihat titik api yang mulai besar sehingga kami mengambil keputusan untuk tetap tinggal membantu pihak kehutanan memandamkan api,” ungkap Bob Matutina, salah satu voluntir dari Forum Komunikasi Pencinta Alam Sulut yang mengkoordinir anak-anak pencinta alam.
Pun demikian malam harinya, tim masih melihat adanya api yang mulai membesar masuk dalam zona inti kawasan konservasi. “Personil memang sudah banyak disini, namun melihat besarnya api, diharapkan agar ada tambahan Voluntir guna memandamkan api,” kata salah satu komunitas pencita alam, Jemy Rusa.
Sementara itu, Kepala Seksi Konservasi Wilayah 1 Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulut Ashari saat dimintai keterangan mengemukan jika saat ini ada sekitar 60 personil pencinta alam ditambah dengan personil polres dan TNI serta Manggala Agni di lokasi. “Kami sangat bersyukur banyak voluntir dari pencinta alam yang membantu usaha pemadaman api di hutan yang kebakaran,” jelasnya.
Mengenai data pasti lahan yang terbakar, Ashari belum bisa memastikannya sebab keadaan di hutan masih dipenuhi asap dan berdebu. “Sudah ada sekitar 300 Ha cagar alam Tangkoko, 170 Ha TWA Batu Putih dan 6 Ha Batuangus terbakar. Jadi jika ditotalkan telah ada 476 Ha lahan di kawasan wisata sudah hangus terbakar,” ungkapnya, seraya meminta jika kondisi masih terus terbakar, maka masih diperlukan personil untuk membantu memadamkan api.(wepe)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment