Berita Terbaru

Tuesday, September 29, 2015

Dekot Manado bahas APBD-P 2015 dengan para Camat dan Lurah
by donwu - 0

Suasana rapat yang digelar Komisi A bersama beberapa Lurah terkait APBD-P 2015, Selasa (29/9/2015) siang.(foto: iwan/sk)
MANADO, SwaraManado.com- Guna menyelesaikan sejumlah pembahasan yang sempat tertunda, maka Selasa (29/9/2015) siang, Komisi A Dekot Manado kembali melakukan pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan tahun 2015, bersama sejumlah Camat dan Lurah se-Kota Manado, untuk melakukan penyelarasan anggaran. Namun tampak ada beberapa Camat dan Lurah yang tidak hadir dalam pembahasan kali, bahkan ada yang hadir tidak membawa berkas yang menjadi bahan pembahasan.
Sekretaris Komisi A Hengky Kawalo mengatakan, sejumlah kecamatan belum melakukan penyelarasan bersama kelurahan. “Kenapa diundang Camat dan Lurah karena akan dilakukan penyelarasan. Selama ini kan pembahasan terkesan kehadiran camat tidak didukung oleh kelurahan. Oleh sebab itu, Komisi A mengundang didalamnya kecamatan menyiapkan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA), karena sepengetahuan Dekot di dalamnya Komisi A apalagi ada banyak Komisi A yang masuk anggota Badan Anggaran,” ujarnya di ruang Komisi A, gedung Parlemen, Jl Balaikota Tikala.
Lanjutnya, dalam pembahasan disinggung mengenai kegiatan Pembangunan Berbasis Lingkungan (PBL) yang didalamnya ada kelurahan dan lingkungan masing-masing ada ketambahan Rp13 juta untuk. “Persoalan kegiatan apa yang akan dilaksanakan itu domain dari kuasa pengguna anggaran. Karena yang menggunakan anggaran kan kecamatan yang didalamnya ada kelurahan dan lingkungan. Silahkan usulkan kepada masyarakat, tokoh-tokoh masyarakat, ada rembuk kelurahan, skala prioritas yang mana,” imbuh Kawalo.
Namun menurut Kawalo, anggaran tambahan dari PBL terlalu kecil. “Yang pasti, anggaran 13 juta rupiah ini terlalu kecil menurut pemahaman kami, tapi memang seperti itu karena kemampuan anggaran daerah Manado terbatas. Persoalannya selama ini, ketika pengusulan anggaran TAPD, kecamatan tidak pernah berkoordinasi dengan komisi teknis. Karena mungkin mereka lupa bahwa di komisi yang membidangi pemerintahan yakni Komisi, karena pagu sudah ditetapkan jadi tidak bisa berubah. Jadi silahkan dananya digeser menjadi kegiatan apa, tapi besaran angkanya sudah tetap,” pungkasnya.
Rapat bersama Lurah dan Camat tersebut dihadiri langsung Ketua Dekot Noortje Van Bone dan beberapa anggota Komisi A.(wan)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment