Berita Terbaru

Friday, September 18, 2015

6 bulan menunggu, Komisioner KPID 2015-2018 akhirnya dilantik
by donwu - 0

Gubernur SH Sarundajang melantik KPID Sulut 2015-2018.
MANADO, SwaraManado.com- Setelah menunggu kurang lebih enam bulan lamanya, akhirnya Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulut periode 2015-2018 dilantik dan diambil sumpah Jumat (18/9/2015) sore ini oleh Gubernur Sulut SH Sarundajang, di Aula Mapaluse Kantor Gubernur Sulut, Jl 17 Agustus Manado.

Mereka yang dilantik yakni:
1. Susan Palilingan
2. Dolfien Olga Pelleng
3. Fenerick Gabriel Kawatu
4. Abdul Rivai Poli
5. Merlin Christine Watulangkow
6. Armin Madika
7. Lili Suheini Muni

Komisioner KPID yang dialantik ini akan menjalankan wewenang, tugas pokok dan fungsi (tupoksi) terkait penyiaran. Adapun wewenangnya adalahmenetapkan standar siaran; menyusun peraturan dan menetapkan pedoman perilaku penyiaran; mengawasi pelaksanaan peraturan dan pedoman perilaku penyiaran serta standar program siaran; memberikan sanksi terhadap pelanggaran peraturan dan pedoman perilaku penyiaran serta standar program siaran; dan melakukan koordinasi dan kerjasama dengan pemerintah, lembaga penyiaran dan masyarakat.
Adapun tugas pokok yakni menjamin masyarakat untuk memperoleh informasi yang layak dan benar sesuai dengan hak asasi manusia; ikut membantu pengaturan infrastruktur bidang penyiaran; ikut membangun iklim persaingan yang sehat antar lembaga penyiaran dan industri terkait; memelihara tatanan Informasi nasional yang adil, merata, dan seimbang; Menampung meneliti, dan menindak lanjuti aduan, sanggahan serat kritik dan aspirasi masyarakat terhadap penyelenggaraan penyiaran; dan menyusun perencanaan pengembangan sumber daya manusia yang menjamin profesionalisme di bidang penyiaran.
Sementara Fungsinya adalah sebagai wujud peran serta masyarakat yang mewakili kepentingan masyarakat akan penyiaran.(dsw)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment