Berita Terbaru

Monday, August 31, 2015

Pesan SBY untuk calon Demokrat, berkompetisi santun dan bersahaja
by donwu - 0

Pasangan calon Walikota-Wawali Manado, 
GS Vicky Lumentut dan Mor Bastiaan, di sela rapat 
bersama SBY di Cipanas, Sabtu (29/8/2015).(foto: ist)
MANADO, SwaraManado.com- Partai Demokrat pada 28-30 Agustus pekan lalu, menggelar rapat pleno DPP yang langsung dipimpin Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan dihadiri sekitar 325 pengurus harian. Dalam rapat pleno yang digelar di Hotel Grand Yasmin Cipanas, Jawa Barat itu, SBY memberikan arahan kepada 136 calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang diusung dan didukung Partai Demokrat pada Pilkada serentak 9 Desember mendatang.
Ketua DPD Partai Demokrat Sulut, GS Vicky Lumentut (GSVL) menjelaskan apa saja yang menjadi arahan SBY untuk para kandidat Gubernur/Wakil Gubenrur, Walikota/Wakil Walikota dan Bupati/Wakil Bupati, termasuk kepada dirinya dan Mor Bastiaan yang akan bertarung di Manado. SBY berharap saat kampanye, setiap calon kepala daerah menjelaskan secara nyata bagaimana cara memajukan daerah dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.
"Banyak yang kampanyenya ke kiri ke kanan, padahal rakyat ingin mendengar apa yang akan dilakukan lima tahun mendatang. Sasarannya apa? Jelaskan segamblang-gamblangnya. Kalau rakyat percaya dan yakin dengan penjelasan, mereka akan memilih saudara. Kampanye yang berkualitas, tajam, fokus, dan to the point," kata GSVL di Manado, Senin (31/8/2015) malam, didampingi Sekretaris DPD Partai Demokrat Sulut Marthen Manoppo.
SBY juga meminta calon kepala daerah tidak obral janji. Karena, rakyat ingin bukti, bukan menikmati janji dari yang disampaikan oleh calon pemimpinnya. Apalagi kepada incumbent, masyarakat sudah merasakan program-program pro-rakyat yang dijalankan selama hampir lima tahun ini. “Jangan bohongi masyarakat, sekarang rakyat kita pintar, makin muluk-muluk, rakyat tidak akan milih. Sampaikan sesuatu yang bisa dicapai, tapi tetap realistis," ujar GSVL mengutip penegasan SBY, seraya meminta setiap calon mampu menjaga keamanan dan kerukunan sosial, serta menegakkan hukum secara adil.
Dan yang terpenting yang selalu disampai-sampaikan SBY kepada kader Partai Demokrat, adalah berjuang sesuai dengan aturan dan tidak menciderai partai politik. Dengan kata lain, dalam menghadapi pilkada ini para calon Demokrat harus berkompetisi secara santun dan bersahaja. “Jangan lakukan black campaigne atau negative campaigne, itu tidak baik. Meskipun kita dihajar, difitnah dan sebagainya, jangan membalas. Tetapi kita juga harus siapkan counter,” ujarnya. Dikatakannya, meskipun menang adalah tujuan dan sasaran yang tidak bisa dikompromikan, namun tetaplah dengan cara-cara yang tidak melampaui batas. “Artinya tidak dengan menghalalkan segala cara,” kata dia.
SBY sendiri optimistis kadernya paham tentang aturan kampanye sehingga bisa memenangi hati masyarakat. Sebab, masyarakat kita sudah lebih cerdas dalam memilih pemimpinnya kelak.  "Rakyat justru tidak akan memilih calon jika cara yang ditempuh melampaui batas dan menabrak rambu moral politik. Saya yakin saudara tahu batas yang tidak boleh dilampaui dalam politik, tapi saudara juga akan berjuang sekuat tenaga untuk memenangkan," katanya. Agar menang dan terpilih, SBY juga berpesan agar kadernya memiliki perencanaan dan persiapan yang baik. Taktik atau siasat yang cerdas juga menjadi wejangan SBY kepada kadernya yang akan bertarung dalam pilkada serentak 9 Desember mendatang.(dsw/vic)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment