Berita Terbaru

Monday, August 24, 2015

Palantung-Pardede gugur, Manado cuma empat pasangan calon
by donwu - 0

Pasangan GS Vicky Lumentut dan Mor Bastiaan 
dinyatakan lolos verifikasi peserta Pilwako Manado 2015.
MANADO, SwaraManado.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manado, Senin (24/8/2015) sore, telah menggelar pleno penetapan pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Manado periode 2015-2020, sesuai jadwal yang sudah ditetapkan. Rapat pleno tertutup ini dilakukan di Kantor KPU Manado, Jl Lumimuut Kelurahan Tikala Kumaraka, Kecamatan Wenang.
Usai pleno tertutup, Komisioner KPU Manado menggelar konferensi pers. Hasilnya, dari 5 pasangan calon yang mendaftar, satu diantaranya gugur. Pasangan yang dinyatakan tidak lolos atau gugur adalah dari jalur perseorangan atau independen, yakni Dr Markus Palantung SE MM dan Drs Robert Pardede MSi.
Dari penjelasan Ketua KPU Manado Eugenius Paransi, tidak lolosnya pasangan Palantung-Pardede ini karena sesuai dengan rekapitulasi tahap pertama yang dilakukan pada 15 Juli 2015 lalu, dukungan untuk pasangan ini berjumlah 12.608 pada verifikasi faktual tahap pertama. “Hasil rekapitulasi perbaikan jumlah dukungan pada 21 Agustus 2015 berjumlah 23.956 dukungan. Berdasarkan rekapitulasi tahap pertama dan kedua diperoleh dukungan berjumlah 36.564 dukungan,” ujarnya.
Berdasarkan Keputusan KPU Manado Nomor 03/kpps/kpu-mdo-023/pilwako/2015 tanggal 24 Mei 2015, jumlah dukungan minimal pasangan calon perseorangan  untuk Manado berjumlah 39.267 dukungan berupa KTP atau tanda pengenal lainnya atau yang tersebar di minal 6 kecamatan di Manado. “Maka berdasarkan ketentuan tersebut pasangan calon perseorangan atas nama Markus Palantung dan Robert Pardede dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS),” ungkap Paransi.
Adapun empat pasangan lainnya lolos dan memenuhi syarat mengikuti tahapan hingga pemungutan suara 9 Desember 2015 mendatang, semuanya diusung partai politik (parpol), yakni pasangan Hanny Joost Pajouw dan Gregorius Tonny Rawung, pasangan Jimmy Rimba Rogi dan Boby Daud, pasangan Harley AB Mangindaan dan Jemmy Asiku, serta pasangan GS Vicky Lumentut dan Mor Domingus Bastiaan (GSVL-Mor).
Dikatakan Paransi, berita acara penetapan calon ini sesuai dengan surat edaran KPU RI Nomor 510/KPU/VIII/2015 yang bersifat segera perihal penetapan pasangan calon peserta pemilihan yang ditujukan kepada seluruh ketua KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia, yang pada intinya surat ini diinstruksikan kepada seluruh KPU Provinsi, Kabupaten/Kota untuk melakukan rapat pleno tertutup. “Berdasarkan PKPU Nomor 9 tahun 2015 dan dilaksanakan bertempat di Kantor KPU Kabupaten/Kota,” ujarnya.(wan/dsw)

BAKAL CALON WALIKOTA-WAKIL WALIKOTA MANADO
- Dr Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA dan Mor D. Bastiaan SE (Demokrat dan PKPI)
- Jimmy Rimba Rogi SSos dan Boby Daud (Golkar dan PAN)
- Hanny Joost Pajouw SE.Ak ME dan Gregorius Tonny Rawung SE (PDIP dan Nasdem)
-  Dr Harley AB Mangindaan SE MSM dan Jemmy Asiku (Gerindra dan Hanura)

   
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment