Berita Terbaru

Tuesday, August 18, 2015

Astaga……Puluhan Ribu Bibit Pala dan Cengkih Ditahan Dinas Perkebunan Sulut
by noberd losa - 0

Manado – sedikitnya 30 ribu bibit pala dan 35 ribu bibit cengkih yang seharusnya menjadi milik warga sulut ternyata tak dibagikan oleh dinas Perkebunan Sulut, hal ini terungkap dalam rapat pembahasan perubahan APBD 2015 oleh Komisi II DPRD Sulut dengan dinas perkebunan selasa (18/8) siang tadi.
Kepala dinas perkebunan Sulut Adrianus Nikson Watung menjelaskan alasan belum dibagikannya bibit tersebut dikarenakan alas an cuaca yang belum memungkinkan.
“Sekarang masih musim panas, khawatirnya kalau dibagikan sekarang akan banyak yang mati karena tidak dirawat dengan baik oleh petani.” Ungkap mantan sekertaris DPRD Sulut ini.
Namun Watung mengakui pangsa pasar terhadap dua komoditi tersebut kini sedang menjadi priomadona dipasar global, karena pengadaan bibit Pala dan cengkih dilakukan pada tahun 2015 dengan memakan biaya sebesar Rp.236 juta.
“Sampai sekarang bibit tersebut masih ada, dan tidak perlu takut rusak, karena kesepakatan dengan pihak penyedia kerusakan ditanggung mereka,” kata Watung.

Sementara itu Komisi II cenderung lebih memilih agar bibit cengkih dan pala ini segera dibagikan kepada kelompok tani, dengan alas an dikhawatirkan akan menyalahi aturan, karena anggaran yang ada harus dilakukan pengerjaannya pada tahun anggaran berjalan.(Obe)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment