Berita Terbaru

Tuesday, August 25, 2015

Angka 3 dimaknai Trinitas GSVL-Mor untuk Manado
by donwu - 0

Pasangan GS Vicky Lumentut dan Mor Bastiaan 
dapat No.3 di Pilwako Manado.(foto: donny/sk)
MANADO, SwaraManado.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manado, Selasa (25/8/2015) sore kemarin telah menggelar agenda pencabutan nomor peserta Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Manado periode 2015-2020, yang digelar di Hotel Sintesa Peninsula, Jl Sudirman Kelurahan Pinaesaan, Kecamatan Wenang. Pasangan yang diusung Partai Demokrat dan PKPI, GS Vicky Lumentut dan Mor Bastiaan (GSVL-Mor) mendapat angka 3, sebagaimana hasil undi yang dilakukan. Para pendukung pun bersorak dengan angka tersebut.
GSVL-Mor pun memaknai angka 3 ini sebagai berkat dan anugerah. Dalam kepercayaan kristiani juga angka 3 merujuk pada Trinitas, yakni doktrin Iman Kristen yang mengakui Satu Allah Yang Esa, namun hadir dalam Tiga Pribadi: Allah Bapa dan Putra dan Roh Kudus, di mana ketiganya adalah sama esensinya, sama kedudukannnya, sama kuasanya, dan sama kemuliaannya. Istilah Tritunggal (Inggris: trinity, Latin: trinitas) mengandung arti tiga Pribadi dalam satu kesatuan esensi Allah. Istilah "pribadi" dalam bahasa Yunani adalah hupostasis, diterjemahkan ke Latin sebagai persona (Inggris: Person).
Sejak awal abad ketiga, doktrin Tritunggal telah dinyatakan sebagai "Satu keberadaan (Yunani: ousia, Inggris: beeing) Allah di dalam tiga Pribadi dan satu substansi (natur), Bapa, Anak, dan Roh Kudus". “Dalam iman Kristen, kami memaknainya sebagai Iman, Pengharapan dan Kasih,” ucap GSVL didampingi Mor saat ditanya wartawan usai pencabutan nomor urut.
Dikatakan pula, kendati angka hanyalah simbol, karena pada dasarnya semua angka itu baik adanya, namun angka 3 juga memiliki makna sebagai kekuatan, kestabilan, dan menempatkan posisi sentral yang pas. Sehingga angka 3 ini juga sering digunakan sebagai angka penyeimbang yang aman dan bermakna sangat dalam di kehisupan sosial kemasyarakatan dan beragama. “Itulah yang akan terus kita lakukan untuk Manado, karena Manado punya kekuatan dan kestabilan, termasuk bisa menempatkan kota kita ini di posisi yang pas di antara daerah lainnya di Indonesia,” terang GSVL yang diamini Mor.
Para pendukung dan simpatisan GSVL-Mor pun terus meneriakkan yel-yel angka 3. Hadir bersama GSVL-Mor dalam agenda politik kemarin antara lain istri GSVL yakni Prof Paula Runtuwene, istri Mor yakni Imelda Marcus serta keluarga. Hadir juga Sekretaris DPD Partai Demokrat Sulut yang juga Wakil Ketua Deprov Sulut Marthen Manoppo selaku Ketua Tim Pemenangan GSVL-Mor, anggota Fraksi Partai Demokrat (FPD) Deprov Sulut Billy Lombok yang juga Wakil Ketua Tim Pemenangan GSVL-Mor, semua personil FPD Dekot Manado yakni Noortje Van Bone, Deasy Roring, Royke Anter, Michael Kalonio, Jimmy Sangkay, Lilly Walandha, Cicilia Longdong, Anita De Blouwe, dan Vanda Pinontoan. Juga nampak Ketua DPC PKPI Manado Remmy Ngangi dan anggota Dekot Manado dari PKPI Roy Maramis.
Sebelum menuju Hotel Peninsula, pasangan GSVL-Mor didoakan khusus di rumah kediaman GSVL di Kelurahan Pakowa, Kecamatan Wanea. Begitu juga usai pencabutan nomor, GSVL-Mor langsung kembali ke rumah GSVL di Pakowa dan berdoa syukur, dilanjutkan dengan makan malam bersama secara sederhana yang sudah disiapkan dalam dus.(dsw)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment