Berita Terbaru

Thursday, June 4, 2015

Pilwako Manado, kandidat Partai Demokrat sementara digodok
by donwu - 0

Ketua DPD Partai Demokrat Sulut GS Vicky Lumentut
saat mendaftar bakal calon Walikota Manado 2015-2020
di DPC Partai Demokrat Manado beberapa hari lalu.
Jakarta—Kader dan simpatisan Partai Demokrat dimintai sabar menantikan siapa yang nantinya yang akan diputuskan DPP Partai Demokrat untuk diusung sebagai calon Walikota/Wakil Walikota Manado. Pasalnya menurut pengurus DPP Partai Demokrat Korwil Sulut dan Gorontalo, Yosep Tahir Maruf (Yotama), hingga saat ini usulan nama-nama bakal calon (Balon) Walikota dan Wakil Walikota masih berproses di DPP Partai Demokrat.
Ini juga mementahkan isu yang berkembang akhir-akhir ini sudah ada Surat Keputusan (SK) DPP Partai Demokrat, karena itu tidak benar. “Jadi belum ada SK dari DPP yang turun. DPC konsultasi tentang proses administrasi selanjutnya pasca pendaftaran,” ujar Yotama, Kamis (4/6) siang.
Ditegaskan pula, Partai Demokrat lebih mengedepankan kualitas dan popularitas calon kepala daerah yang hendak diusung pada pemilihan kepala daerah serentak di Indonesia 2015. Dia mengatakan salah satu proses yang sangat menentukan dalam pencalonan di Demokrat adalah tahapan melalui Pokja Pilkada. Pokja Pilkada kata dia, akan dipertaruhkan kredibilitasnya dalam memproses bakal calon kepala daerah sampai nanti diputuskan oleh Ketua Umum Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). “Pokja Pilkada agar bekerja serius dan mencermati aturan yang ada dengan mengacuh apa yang ada dalam Peraturan Organisasi (PO) Partai Demokrat tentang pilkada,” terangnya.
Dia mengatakan dari beberapa calon yang mendaftar semua berharap bisa lolos dari Demokrat, sehingga kata dia, tidak gampang menentukan siapa yang akan lolos di partai itu untuk diusung pada pilkada serentak termasuk di Manado. Tahir menegaskan, semua hasil dari survey tentunya akan menjadi bahan kajian. “Jika memang hasil itu sudah masuk, acuan survey tentunya menjadi pegangan dari DPP dalam menerbitkan SK siapa calon kepela daerah yang akan didorong Partai Demokrat,” jelasnya.
Sementara soal, calon kepala daerah harus pengurus Partai Demokrat atau dalam struktur diprioritaskan, tetapi juga dalam PO banyak kriteria yang menjadi acuan. “Saya harapkan untuk kader dan simpatisan Partai Demokrat untuk tetap menanti apa yang nantinya yang akan diputuskan melalui SK dari Partai Demokrat, tenang saja,” tandas Tahir. Diketahui, di Partai Demokrat ada 3 pendaftar bakal calon Walikota yakni Ketua DPD Partai Demokrat Sulut GS Vicky Lumentut (GSVL), Harley Mangindaan, dan Alfian Daini. Kemudian ada 7 bakal calon Wakil Walikota yakni Royke Anter, Lock Kojongian, Jimmy Asiku, Markus Turuis, Esther Lambey, Donald Tinangon, dan Steven Malonda.(teem)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment