Berita Terbaru

Thursday, June 11, 2015

Dua tahun mengendap, LITPK BMR siap giring kasus Rp12 M ke Mabes Polri
by donwu - 0

Yakin Paputungan.
Bolmong—Dua tahun mengendap, Lembaga Investigasi Tindak Pidana Korupsi (LITPK) Cabang Bolaang Mongondow Raya (BMR) kembali mempertanyakan dugaan "perampokan" anggaran daerah sebesar Rp12 miliar di kas Pemkab Bolmong Tahun Anggaran 2013.
Karena menurut Ketua LITPK BMR Yakin Paputungan, bahwa mantan Kapolres Bolmong AKBP Hisar Siallagan SIK pernah mengatakan bahwa kasus tersebut akan mengerucut pada penunjukan tersangka. “Keterangan hasil konfirmasi tahun 2014 kepada Kapolres sebelumnya mengatakan bahwa kasus tersebut akan naik status penunjukan tersangka setelah ada hasil audit dari BPKB,” kata Paputungan.
Karena, untuk kasus tersebut, Paputungan mengaku sudah menyerahkan sejumlah bukti ke Penyidik Polres Bolmong yang sempat dipakai untuk menggilir sejumlah pejabat untuk memberikan keterangan dalam kasus tersebut, termasuk oknum Assisten III Pemkab Bolmong dan mantan Kadis DPPKAD yang masuk sebagai Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Bolmong. “Kami sudah menyerahkan ratusan lembar dokumen ke penyidik. Jadi kapan penetapan tersangkanya?” tanya Paputungan.
Jika tidak ada kejelasan penyelesaian kasus tersebut, Paputungan memastikan bahwa LITPK akan mengiring langsung kasus tersebut ke Mabes Polri untuk mendapatkan kepastian hukum. Karena dia menilai bahwa ada yang tidak beres pada proses penyelesaian perampokan uang Negara sejumlah Rp12 M, termasuk pada sejumlah kasus korupsi lainnya yang ada di BMR.
Meski demikian, selaku mitra kerja, Paputunganmengaku jika pihaknya masih percaya bahwa Kapolres Bolmong AKBP William Simanjuntak SIK yang pernah menjabat Kasibdit I Tipidkor Polda Sulut, mampu dan bisa menggungkap kasus perampokan uang Negara ini. “itu tindakan kriminal yang merugikan Negara. Dan kami menunggu penyelesaian kasus oleh unit tipidkor polres Bolmong,” tandas Paputungan.(yede)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment