Berita Terbaru

Thursday, May 21, 2015

Walikota Manado tak jenuh-jenuh himbau warga soal kebakaran
by donwu - 0

WALIKOTA Manado GS Vicky Lumentut saat
mengendarai langsung mobil pemadam kebakaran.(foto: donny/sk)

Manado—Kasus kebarakan kembali terjadi di Manado, Kamis (21/5) siang di dua lokasi berbeda secara bersamaan. Setidaknya ada 19 rumah milik warga Lingkungan III Kelurahan Tuminting, Kecamatan Tuminting, dan di Lingkungan VII Kelurahan Malalayang Dua, Kecamatan Malalayang, rata tanah dilalap si jago merah.

Walikota Manado GS Vicky Lumentut (GSVL) pun kembali mengingatkan warga agar tetap menjaga kewaspadaan terhadap kebakaran, baik himbauan secara langsung maupun melalui media massa dan media sosial. “Kewaspadaan terhadap kemungkinan terjadinya kebakaran harus semakin ditingkatkan apalagi menjelang musim kemarau. Sebagai pengemban amanat rakyat, sudah menjadi kewajiban saya dan teman-teman saya di Pemkot Manado, bahwa segala daya dan upaya harus dilakukan dalam rangka mencegah dan meningkatkan kewaspadaan dini terhadap kebakaran atau meluasnya efek kebakaran terjadi,” ujar Walikota GSVL.
Sejauh ini, kasus kebakaran paling banyak terjadi karena korsleting listrik, lilin, dan kompor. “Untuk itu saya ingatkan lagi, jangan lengah saat meninggalkan rumah, periksa kompor sudah dimatikan atau belum, atau ada peralatan listrik yg masih terhubung dan berpotensi penyebab kebakaran. Kesadaran pencegahan dini kebakaran dengan teliti menyiapkan fasilitas pemadam sederhana di dapur/rumah sangat diharapkan,” himbau GSVL.
Kemudian kepada Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar), dengan bertambahnya mobil damkar di Manado, harus diimbangi juga dengan personil yang memadai. Pasalnya, Manado semakin maju dan pesat, sehingga resiko kebakaran juga meningkat. “Saya harap apa yang masih kurang soal kelengkapan damkar akan ditambah, termasuk baju anti panas. Tidak juga alat yang kita tambah, tapi juga personil. Jangan sampai alat semakin banyak tapi personil kurang,” terang Walikota visioner ini.
Untuk Kadis Damkar, Walikota GSVL berharap dapat membangun komunikasi dan koordinasi yang baik dengan Dinas Damkar kabupaten/kota lain di Sulut, lebih khusus daerah terdekat yakni Tomohon dan Minut. “Kadis saya minta bangun koordinasi dengan daerah tetangga untuk kita saling membantu. Paling dekat Tomohon dan Minut. Sewaktu-waktu kita butuh damkar mereka, begitu juga kita bisa bantu mereka,” ujar GSVL.
Sementara itu, Ketua TP PKK Manado Prof Dr Ir Juleyta PA Lumentut-Runtuwene MSi DEA, tadi malam langsung turun ke lokasi kebarakan dan memberikan bantuan kepada korban. Tak hanya itu, Enci Paula—sapaan akrabnya—juga turut menghibur para korban agar tabah menghadapi cobaan ini. Namun, tak lupa juga dirinya menghimbau masyarakat supaya lebih hati-hati dan waspada dengan kasus kebakaran yang sewaktu-waktu bisa terjadi.(dewe)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment