Berita Terbaru

Monday, May 25, 2015

Walikota Manado pantau persiapan peresmian jembatan Soekarno
by donwu - 0

Walikota Manado GS Vicky Lumentut, Senin (25/5) sore sampai malam
memantau pengerjaan finishing jembatan Soekarno.(foto: donny/sk)
Manado—Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipastikan akan meresmikan jembatan Soekarno, Kamis (28/5) lusa. Jembatan yang menjadi penghubung wilayah selatan Manado dan wilayah utara Manado ini akan menjadi destinasi dan icon baru ibukota Sulut, terlebih akan mengurai kemacetan yang tengah melanda Manado beberapa tahun terakhir ini.
Walikota Manado GS Vicky Lumentut (GSVL) pun turun langsung ke lokasi pengerjaan, Senin (25/5) sore sampai malam, untuk memastikan bahwa jembatan yang mulai dibangun Oktober 2003 itu sudah bisa diresmikan. Sebagai orang teknis, lulusan S1 Fakultas Teknik Unsrat dan S3 Faculte des Sciences et Techniques Universities Aix Marseille III Prancis ini terlihat memberikan motivasi kepada para pengawas dan pengerja supaya tetap fokus dalam mengerjakan jembatan tersebut. “Jangan karena buru-buru, kemudian pengerjaan jadi tidak fokus. Tetap fokus,” ujar Walikota GSVL kepada para pengerja.
Sepintas dirinya melihat konstruksi bangunan sangat baik, dan berharap jembatan ini akan awet dan dipakai dalam waktu yang cukup lama. Karena harus diakui juga bahwa umur sebuah bangunan atau konstruksi ada waktunya. "Struktur jembatan ini sudah baik. Secara fisik jembatan ini kelihatan sudah rampung, sekarang tinggal tahapan finishing. Namun masih membutuhkan waktu satu atau dua hari lagi. Karena pembangunan jembatan Soekarno ini mahal anggarannya, maka sebaiknya dikerjakan finishing secara rapih dan aman. Agar baik pengguna jalan dan warga pejalan kaki, bisa sama-sama menikmati jembatan dengan aman dan lancar," ujar Walikota GSVL yang diketahui juga ahli teknik arsiktektur ini.
Kendati kalau dilihat jembatan tersebut belum akan selesai tepat waktu, namun Walikota GSVL memastikan bahwa masyarakat Manado dalam waktu dekat ini sudah bisa menggunakan jembatan tersebut, apalagi ada permintaan langsung dari Presiden Jokowi bahwa sebelum jembatan itu diresmikan maka jembatan itu sudah boleh diujicoba. “Besok (hari ini, red) sudah boleh diujicoba. Tapi mungkin usai diresmikan, akan ditutup kembali satu atau dua hari supaya pengerja fokus menyelesaikan yang belum selesai,” kata Walikota GSVL.
Kemudian lanjut Walikota visioner ini, jembatan ini juga akan dilengkapi dengan lampu jalan agar pengguna jalan merasa nyaman melintas di jembatan itu di malam hari. “Alangkah baiknya nanti ada penerangan jalan dan jembatan itu dipercantik juga. Ini semua untuk membuat Manado yang lebe bae,” tukas Ketua para Walikota se-Indonesia ini, seraya menambahkan bahwa selain memperlancar perekonomian warga juga akan mengurai kemacetan yang belakangan ini sulit dihindari.
Diketahui, jembatan Soekarno ini dibangun sejak 12 Oktober 2003. Saat ground breaking, dihadiri Presiden (saat itu) Megawati Soekarnoputri. Hampir 12 tahun, pembangunan jembatan ini terkatung-katung. Masyarakat banyak melancarkan protes karena penyelesaiannya dinilai lambat. Saat ini, jembatan tersebut sudah tersambung. Lampu-lampu sekeliling jalan juga sudah dipasang. Sumber dana pembangunan ini dari APBN murni. Dimulai 2003-2005 dengan anggaran Rp43.985.327.000, dan pada 2007-2011 dialokasikan APBN sebesar Rp162.681.198.350. Terakhir 2014 sebesar Rp66.933.015.000.(dewe)

« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment