Berita Terbaru

Thursday, May 28, 2015

Puan: Jembatan Soekarno kebanggan tersendiri bagi keluarga kami
by donwu - 0

Menko PMK, Puan Maharan, saat meresmikan jembatan
Soekarno di Manado, Kamis (28/5) siang.(foto: donny/sk)
Manado—Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Puan Maharani mengatakan, pembangunan jembatan megah di Manado menjadi sejarah dan kebanggaan tersendiri bagi keluarga besar Soekarno, karena jembatan tersebut dinamai Ir Soekarno. "Sebagai seorang cucu dari Soekarno, saya dan keluarga besar Soekarno sangat berbangga. Hajatan peresmian ini, selain dinanti-nantikan warga Nyiur Melambai Sulut terlebih di Manado, juga menjadi momen yang ditunggu-tunggu juga oleh keluarga kami, keluarga besar Soekarno,” ujar Puan saat meresmikan jembatan tersebut, Kamis (28/5) siang.
Dijelaskannya, dirinya juga tak menyangka bahwa dirinyalah yang akan meresmikan jembatan tersebut, setelah dipercayakan Presiden Joko Widodo (Jokowi). “Tahun 2003 silam, saat ibu saya Megawati Soekarnoputri yang tak lain anak Soekarno menjabat Presiden maka mulai dibangunlah jembatan ini. Seiring waktu, ternyata saya yang tak lain anak dari Megawati, cucu dari Soekarno, yang meresmikan jembatan ini,” ucap Puan.
Tak hanya itu, politisi PDIP ini juga menjelaskan bahwa jembatan Soekarno ini mulai dibangun di saat Presiden Megawati, dimana saat itu Basuki Hadimuljono menjabat Dirjen Perencanaan Kementerian PU. “Pak Basuki saat itu menjabat Dirjen Perencanaan, beliau yang merencanakan pembangunan jembatan ini. Dan kini, pak Basuki sudah menjabat Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (Menpupera). Jadi ada banyak momen dan sejarah dari jembatan ini,” jelas Puan.
Dikatakan pula, dengan selesai dan diresmikan jembatan ini sudah pasti akan membuka jalur lingkar yang ada di Manado ini, serta membukan jalur perekonomian warga Manado. “Untuk itu, kiranya jembatan ini dapat dipelihara dengan baik, dan pihak terkait seperti Pemkot Manado bisa menata jembatan ini untuk peningkatan dunia pariwisata untuk menunjang objek wisata seperti Bunaken dan Pulau Siladen yang mulai dikenal mancanegara," ujar Puan, seraya tak lupa berterima kasih kepada Walikota Manado GS Vicky Lumentut (GSVL) yang terus mengingatkan agar jembatan ini segera diresmikan. “Karena itulah jembatan ini dikebut,” kata Puan.
Sebelumnya, Wagub Sulut Djouhari Kansil dalam laporannya menyebutkan bahwa jembatan Soekarno yang merupakan bagian dari Manado Outer Ring Road (MORR) dibangun untuk menjadi objek penataan pusat kota guna mengatasi kemacetan dalam kota. “Selain itu jembatan ini menjadi landmark Manado dalam menunjang pariwisata dan perekonomian,” ujar Kansil.
Hadir dalam acara peresmian tersebut antara lain Menpupera Basuki Hadimuljono, Menteri Perindustrian Saleh Husin, anggota DPR RI dapil Sulut yakni Olly Dondokambey, Vanda Sarundajang, dan Yasti Soepredjo, Anggota DPD RI utusan Sulut Fabian Sarundajang, Ketua Deprov Sulut Steven Kandouw, Walikota Manado GS Vicky Lumentut, Walikota Kotamobagu Tatong Bara, Bupati Minahasa Jantje Sajouw, Bupati Mitra James Sumendap, Bupati Sitaro Toni Supit.(dewe)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment