Berita Terbaru

Wednesday, May 20, 2015

Harkitnas, Walikota Manado: Revolusi mental akan hasilkan SDM cerdas
by donwu - 0

Walikota Manado GS Vicky Lumentut menyerahkan piagam
kepada media massa sebagai mitra kerja Pemkot Manado yang
selama ini membantu mensosialisasikan program kerja
Pemkot Manado, usai upacara Harkitnas Rabu (20/5) pagi.
Manado—Visi dan misi Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (Jokowi-JK) untuk membangun mental dan karakter bangsa menjadi salah satu prioritas utama program pembangunan pemerintahan sekarang ini. Pembangunan karakter tidak hanya dijajaran birokrasi pemerintah tetapi juga pada seluruh komponen masyarakat. Pembangunan karakter yang disebut “revolusi mental” tersebut diharapkan akan menghasiilkan sumber daya manusia (SDM) cerdas yang kreatif, inovatif, berdedikasi, disiplin, kerja keras dan taat aturan.
“Berhasilnya pembangunan mental dan karakter yang baik tersebut akan mewujudkan masyarakat yang tertib dan terbuka sebagai modal sosial yang positif bagi kemajuan bangsa,” ujar Walikota Manado GS Vicky Lumentut (GSVL) saat menjadi inspektur upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-107 tahun 2015, di lapangan Sparta Tikala, Rabu (20/5) pagi.
Dikatakannya, Kebangkitan Nasional merupakan masa bangkitnya semangat nasionalisme, persatuan, kesatuan dan kesadaran sebagai sebuah bangsa untuk memajukan diri melalui organisasi modern, yang sebelumnya tidak pernah muncul selama penjajahan.
Dengan berkaca pada berbagai upaya the founding fathers bangsa besar ini, lanjut GSVL, bisa disimpulkan bahwa Kebangkitan Nasional harus terus digalakkan setiap saat, maupun setiap tahun. Sebab, perjuangan bersifat abadi menuju Indonesia maju dan modern, berkeadilan, sejahtera, berdemokrasi dan bermartabat. “Bedanya, jika perjuangan the founding fathers banyak menguras tenaga dan pikiran menuju kemerdekaan Indonesia, sekarang ini kebangkitan nasional harus lebih difokuskan pada perwujudan kerja nyata, tak hanya sekadar pengembangan wacana,” Walikota GSVL di hadapan peserta upacara.
Momentum Harkitnas ini juga, lanjut GSVL, harus mampu membangkitkan kembali nilai kebersamaan, persatuan dan kesatuan bangsa dalam menghadapi tantangan yang ada dengan menggelorakan rasa bangga dan cinta Tanah Air. “Tidak ada bangsa yang maju tanpa pengorbanan. Dan Tuhan tidak akan merubah nasib suatu bangsa, kecuali mereka berusaha merubah diri mereka masing-masing,” tukas Walikota.
Dikatakan pula, Kebangkitan Nasional ini juga harus diwujudkan segenap lapisan masyarakat Manado secara nyata, agar terciptanya Manado yang Cerdas. “Kebangkitan Nasional bukan hanya sekadar seremonial belaka, tapi juga harus diwujudkan dengan tindakan nyata, diawali kesadaran terus berbuat lebih baik demi Manado,” kata GSVL. Usai upacara, Walikota GSVL menyerahkan piagam kepada mitra kerja Pemkot Manado dalam hal ini media massa yang selama ini membantu mensosialisasikan program kerja Pemkot Manado. Hadir dalam upacara tersebut Wawali Harley Mangindaan, Kepala SKPD dan PNS Manado.(dewe)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment