Berita Terbaru

Monday, May 18, 2015

Ambil formulir Cawali, DPC Demokrat Manado sebut GSVL kader unggulan
by donwu - 0

KETUA DPD Partai Demokrat GS Vicky Lumentut saat
mengambil formulir Bakal Calon Walikota Manado 2015-2020
di Sekretariat DPC PD Manado, Senin (18/5) siang.(foto: donny/sk)
Manado–Sifat kerendahan hati yang dimiliki GS Vicky Lumentut (GSVL) nampaknya sulit dihilangkan. Buktinya, kendati punya kapasitas sebagai Ketua DPD Partai Demokrat (PD) Sulut sekaligus Walikota Manado, namun langkahnya patut menjadi perhatian penting pagi para politisi lainnya di Manado, bahkan daerah Sulut. Lihat saja, Senin (18/5) siang, GSVL memilih untuk datang mengambil formulir calon Walikota Manado di Sekretariat DPC Partai Demokrat Manado di kawasan Megasmart Manado, tanpa menggunakan perantara orang lain.
Kedatangan GSVL yang didampingi sejumlah pengurus PAC Partai Demokrat se-Manado, pengurus DPC DPD Partai Demokrat Manado, Sekretaris DPD Partai Demokrat Sulut Marthen Manoppo, Direktur Eksekutif DPD Partai Demokrat James Karinda dan beberapa tokoh masyarakat dan tokoh agama. Sesuai prosedur dan mekanisme, GSVL terlebih dahulu mengisi buku tamu yang disiapkan di lantai dasar yang disambut Sekretaris DPC Partai Demokrat Manado Vecky Gandey.
Usai mengisi daftar tamu, GSVL langsung diarahkan ke lantai 2 tempat pengambilan formulir, dan disana sudah menunggu Ketua dan Sekretaris Tim Penjaringan Bakal Calon Walikota/Wakil Walikota Manado periode 2015-2020, Eman Suherman dan Rurry Lucas. GSVL pun langsung disodorkan formulir yang nantinya akan diisi dan dilengkapi sebagai persayaratan pencalonan yang ditetapkan DPP Partai Demokrat.
Tim Penjaringan sedikit memberikan pengarahan dan masukan yang didengar langsung oleh GSVL. Bahkan Suherman secara terbuka mengakui kalau GSVL merupakan kader unggulan Partai Demokrat yang layak diperhitungkan kembali memimpin Manado. “Pak GS Vicky Lumentut merupakan kader unggulan Partai Demokrat Sulut dan lebih khusus Manado. Kami menyambut baik karena beliau sudah mendaftar di DPC Partai Demokrat Manado, sekaligus mengambil formulir pendaftaran,” ujar Suherman, seraya berujar bahwa GSVL sudah menjadi Bakal Calon Walikota Manado 2015-2020.
Bahkan Tim Penjaringan memuji niat tulus GSVL yang datang tanpa perantara untuk mengambil formulir. Hal ini patus menjadi contoh baik bagi perkembangan perpolitikaan di Sulut khususnya Manado. “Kami Tim Penjaringan mengucapkan terima kasih banyak dan rasa bangga yang setinggi-tingginya kepada pak GS Vicky Lumentut. Beliau sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Sulut telah memberikan contoh yang baik dan positif, hadir secara fisik datang langsung mengambil formulir,” tegas Suherman, seraya berujar bahwa Partai Demokrat menargetkan yang direkomdasikan harus menang Pilwako Manado 9 Desember 2015 mendatang.
Sementara itu GSVL di tempat yang sama mengatakan bahwa dirinya datang mengambil formulir Bakal Calon Walikota Manado di DPC Partai Demokrat Manado itu karena kerinduannya sebagai warga Manado yang ingin terus membangun untuk kota tercinta. “Jangan lihat saya datang ke sini sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Sulut, tetapi saya datang ke sini juga sebagai warga Manado yang punya hak yang sama,” ucap GSVL.
Suami tercinta Prof Dr Ir Juleyta PA Runtuwene MS DEA ini juga menyampaikan kebanggannya sebagai kader Partai Demokrat sehingga dirinya merasa perlu datang langsung mengambil formulir. “Saya ingin memberikan contoh secara politik yang baik bagi kita semua. Walaupun saya Ketua DPD Partai Demokrat saya akan tetap mengikuti prosedur yang berlangsung, kiranya proses ini menjadi bagian penting bagi kita kader Partai Demokrat,” tutur GSVL.
Kemudian pria bersahaja ini pun mengatakan akan mentaati semua syarat dan mekanisme yang ditentukan. “Saya akan ikuti semua mekanisme dan akan memenuhi semua persyaratan yang ada. Berkas dan formulir pendaftaran sebelum 27 Mei 2015 sudah akan saya masukkan,” ujar GSVL yang disambut tepukan tangan meriah.
Hanya saja ada yang mengganjal dari pengambilan formulir siang kemarin, dimana Ketua DPC Partai Demokrat Manado Morris Korah tak nampak. Namun GSVL tak mempermasalahkan itu, tetapi dia mendoakan proses penjaringan di DPC Partai Demokrat Manado berjalan sesuai mekanisme. “Pak Gandey, sampaikanlah salam saya kepada semua pengurus DPC Partai Demokrat Manado dan semua kader,” pesan pria yang juga menjabat Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) ini.
Sebelumnya, Ketua Divisi Pembinaan Organisasi DPP Partai Demokrat, Letjen TNI (Purn) Cornel Simbolon menegaskan, DPP Partai Demokrat mengutamakan dan memprioritaskan kader untuk diusung sebagai kepala daerah, termasuk di Manado. “Pastinya Partai Demokrat mengutamakan kader yang memang sudah memiliki kualitas terbaik. Dan peluang incumbent dalam hal ini pak Vicky (GSVL, red) untuk maju dalam Pilwako Manado sangat besar. Beliau merupakan kader terbaik yang dimiliki partai, pengabdiannya berjuang di partai serta berbagai alat ukur lainnya sudah jelas. Apalagi beliau menjabat Ketuanya para Walikota di Indonesia (APEKSI, red),” ujar Simbolon.
Sebelumnya, Ketua Umum PD Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga sudah menegaskan bahwa partainya akan memprioritaskan mengusung kader sendiri dalam pilkada serentak tahun 2015. "Kami mempersiapkan kader-kader kami, mengutamakan kader sendiri tanpa meninggalkan faktor kapasitas dan popularitasnya," jelas SBY di Kongres IV Partai Demokrat di Surabaya.(dewe)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment