Berita Terbaru

Tuesday, March 10, 2015

Ribuan koperasi di Sulut, tidak aktif
by ronald rompas - 0

Benny Kalonta
Manado—Jumlah koperasi yang terdaftar di Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulut sebanyak 6038 koperasi. Namun, dari jumlah total tersebut sekitar 47 persen atau sekitar 2612 koperasi yang tidak aktif. Dengan sisa koperasi yang aktif sebanyak 3426 koperasi.
Dari jumlah yang tidak aktif, daerah Minahasa Selatan mengoleksi koperasi terbanyak tidak aktif dari 15 kabupaten kota yang ada di Sulut. Sebab dari total 781 koperasi, hanya 156 koperasi yang aktif. Sementara 625 koperasi lainnya masuk kategori koperasi tidak aktif. Posisi kedua ditempati kota Manado, dari jumlah total koperasi sebanyak 925 koperasi, terdapat 519 koperasi yang aktif dan 406 koperasi yang tidak aktif.
Sementara itu, dari hasil rekapitulasi data koperasi berdasarkan kelompok usaha yang dikelola se-Provinsi Sulut, menurut data dari dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulut per bulan Desember 2014 lalu, jenis koperasi serba usaha yang paling banyak tidak aktif. Yakni sekitar 892 koperasi serba usaha yang saat ini tidak aktif.
Selain jenis koperasi serba usaha, jenis koperasi pertanian pun memiliki jumlah koperasi yang tidak aktif sebanyak 667 koperasi dari total 1021 koperasi pertanian.
Menurut Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi sulut Drs Benny Kalonta MSi, Senin (9/2) mengatakan, pihaknya akan melakukan peninjauan dan akan memberikan surat peringatan kepada koperasi-koperasi tidak aktif tersebut sebanyak tiga kali. “Dan apabila, koperasi yang tidak melakukan kegiatan selama 2 tahun akan dibekukan,” katanya.(smo-try1)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment