Berita Terbaru

Tuesday, February 17, 2015

GSVL: Musrenbang Kecamatan harus putuskan program pro-rakyat
by donwu - 0

WALIKOTA Manado GS Vicky Lumentut mencatat masukan
yang disampaikan warga di Musrenbang Kecamatan Bunaken.
Manado—Ada beberapa kecamatan di Manado yang menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan, Selasa (17/02/2015), yakni Tikala, Wanea, Wenang, Bunaken Darat dan Malalayang. Musrenbang Kecamatan merupakan forum musyawarah antar para pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam Daftar Usulan Rencana Kegiatan Pembangunan Desa/Kelurahan yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah kabupaten/kota di wilayah kecamatan, yang dikoordinasikan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan dilaksanakan oleh Camat.
Di Musrenbang Kecamatan, Walikota Manado GS Vicky Lumentut (GSVL) berharap agar apa yang dibicarakan tidak lari dari hasil Musrenbang tingkat Kelurahan. “Yang dibicarakan di Musrenbang Kecamatan itu yang sudah disepakati di tingkat kelurahan, jadi tidak ada lagi rencana program tambahan,” ujar GSVL saat berada di Musrenbang Kecamatan Bunaken Darat, di Kantor Camat, di Kelurahan Molas. “Tapi yang saya ingatkan adalah, dari Musrenbang ini harus putuskan rencana program yang berpihak kepada rakyat,” tegas GSVL yang didampingi Kepala Bappeda Manado Peter KB Assa.
Diketahui, Musrenbang tingkat Kecamatan diselenggarakan untuk membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan Kelurahan yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang bersangkutan, membahas dan menyepakati kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang belum tercakup dalam prioritas kegiatan pembangunan Kelurahan, dan menyepakati pengelompokan kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan berdasarkan tugas dan fungsi SKPD.
Berbagai hal yang perlu disiapkan untuk penyelenggaraan antara lain adalah, dari Kelurahan yakni dokumen prioritas program dan kegiatan pembangunan tahunan hasil musrenbang Kelurahan, daftar nama anggota delegasi dari Kelurahan untuk mengikuti musrenbang kecamatan, dan berita acara Musrenbang Kelurahan. Sedangkan dari Kecamatan yakni hasil evaluasi pembangunan kecamatan pada tahun sebelumnya, rancangan awal rencana kerja kecamatan, serta dari pemerintah kota.(dewe)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment