Berita Terbaru

Tuesday, February 24, 2015

GSVL: Musrenbang jangan cuma usul masalah infrastruktur
by donwu - 0

Walikota Manado GS Vicky Lumentut berdialog dengan
warga Bunaken di Musrenbang Kecamatan Bunaken.(foto: donny/sk)
Manado—Beberapa hari terakhir ini, Walikota Manado GS Vicky Lumentut (GSVL) menghadiri langsung pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Mursenbang) tingkat Kecamatan. Walikota hadir, salah satunya untuk memastikan dan memberikan pencerahan bahwa usulan yang disampaikan tidak semuanya terkait infrastruktur tetapi juga terkait persoalan lain yang harus diatasi, seperti masalah kesehatan, pendidikan, dan ganguan sosial kemasyarakatan.
Hal itu kembali ditegaskan Walikota saat menghadiri Mursenbang Kecamatan Bunaken Kepulauan, yang digelar di Aula Kantor Camat, Kelurahan Bunaken, Selasa (24/02/2015) siang. “Musrenbang jangan cuma usul masalah infrastruktur saja, baik jalan, drainase, jembatan dan lain sebagainya. Tapi juga ada beberapa hal lain yang sangat penting yang perlu diusulkan dari tingkat kelurahan, semisal masalah pendidikan, kesehatan, serta keamanan wilayah,” ujar GSVL di hadapan peserta Musrenbang.
Kemudian masalah usulan, dipastikan banyak usulan yang disampaikan melalui Musrenbang tingkat Kelurahan yang dibawa ke tingkat Kecamatan. “Nah, tidak semua yang dirumuskan di Kecamatan juga akan ditampung di tingkat kota, karena kita melihat skala prioritas, mana yang paling diutamakan. Yang belum sempat ditampung saat ini maka diperjuangkan di prioritas tahun berikutnya,” terang GSVL, seraya mengingatkan bahwa program yang akan diputuskan di tingkat kota sesuai kebutuhan wilayah. “Jadi ajukan program sesuai kebutuhan masyarakat, bukan keinginan satu dua orang,” tukas GSVL.
Diketahui, Musrenbang Kecamatan merupakan forum musyawarah antar para pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam Daftar Usulan Rencana Kegiatan Pembangunan Kelurahan yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan kota di wilayah kecamatan yang dikoordinasikan oleh Bappeda dan dilaksanakan oleh Camat.
Musrenbang Kecamatan diselenggarakan untuk membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan kelurahan yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang bersangkutan, membahas dan menyepakati kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang belum tercakup dalam prioritas kegiatan pembangunan kelurahan, dan menyepakati pengelompokan kegiatan prioritas pembangunan di wilayah Kecamatan berdasarkan tugas dan fungsi SKPD.(dewe)
   
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment