Berita Terbaru

Monday, January 26, 2015

Tidak ikuti tes calon Lurah Manado otomatis gugur
by donwu - 0

Tes calon Lurah di Manado, siang tadi.

Manado—Pelaksanaan tes terbuka calon Lurah dilakukan Senin (26/1) siang tadi oleh Tim Seleksi (Timsel). Saat ditemui, Drs Albert Wuisang sebagai Ketua Timsel Lurah-Pala di tengah kesibukannya memberikan arahan para ratusan pelamar Lurah, menyampaikan bahwa Timsel akan menempuh semua tahapan secara profesional.
”Tes ini bisa berlangsung sampai besok (hari ini, red), dan semua peserta tes atau calon Lurah berposisi sama dimana tak ada yang diperlakukan istimewa. Itu artinya proses dan tahapannya transparan tanpa ada titpan kepentingan sepihak, saya selaku Ketua Timsel berani menjamin ini,” ujar Wuisang kepada wartawan di ruang Serbaguna Kantor Walikota Manado.
Lanjut Mneer Abe—sapaan akrab akademisi senior itu—menyampaikan kalau Timsel juga ketat menilai semua kriteria dan bagi peserta calon yang tidak mengikuti tahapan bakal tidak lulus menjadi Lurah. ”Itu sudah pasti, hari ini (kemarin, red) ada juga yang tidak hadir dengan alasan yang belum jelas. Sudah pasti yang tidak datang akan terseleksi dengan otomatis. Kami tentu tegas, dan melakukan penilaian secara obyektif. Setelah hasil semua kami rangkum baru diberikan ke Baperjakat,” ucap Mneer Abe.
Sebelumnya, Walikota Manado GS Vicky Lumentut (GSVL) menegaskan bahwa pihaknya dalam melakukan lelang jabatan Lurah bukan sekedar lelang namun mencari figur Lurah yang benar-benar melayani masyarakat. “Karena kita mencari orang yang bekerja dan dekat dengan masyarakat. Kalau yang bersangkutan jelas-jelas dekat dengan masyarakat, kinerjanya bagus, ya kita akan berikan perhatian untuk itu. Dari aspirasi masyarakat, khususnya di beberapa wilayah yang kena bencana masih mengingkan Lurah yang bersangkutan, tetapi ada juga aspirasi masyarakat yang minta supaya diganti,” jelas Walikota visioner ini.
Seperti diketahui, calon Lurah yang dilelang ini tidak sembarangan, sebab ada syarat yang harus dipenuhi para PNS yang mendaftar, dan tidak boleh dilanggar baik umum maupun khusus. Syarat umum antara lain berkarakter baik dan berjiwa pamong, harus mampu berinovasi pembangunan yang baik serta kreatif, memiliki kemampuan membangun kebersamaan masyarakat bernafaskan semangat mapalus, memiliki jiwa dan semangat pembaharuan serta mampu memimpin dan bekerja sama dalam tim serta berkoordinasi baik dengan pimpinan.
Sedangkan syarat khusus yang harus dipenuhi antara lain, pangkat dan golongan minimal III/b, domisili harus di Manado, berumur maksimal 50 tahun. Kemudian tingkat pendidikan mininal S1, sehat jasmani dan rohani, lalu DP3 tahun terakhir rata-rata harus baik, tidak pernah tersangkut masalah indisipliner dan pelanggaran hukum, kemudian harus mau mendandatangani pakta integritas.(dewe)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment