Berita Terbaru

Thursday, January 22, 2015

Tekan inflasi, Walikota Manado ajak masyarakat manfaatkan pekarangan rumah
by donwu - 0



Walikota Manado GS Vicky Lumentut memimpin rapat TPID.

Manado—Walikota Manado GS Vicky Lumentut (GSVL) mengajak masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan rumah untuk ditanami rempah-rempah yang digunakan sehar-hari, seperti cabe, tomat dan lain sebagainya. Walikota berharap pekarangan rumah menjadi dapur hidup, untuk membantu menekan pengeluaran sehari-hari.
“Mari kita tanam rempah-rempah yang kita gunakan sehari-hari untuk memasak, seperti rica, tomat dan lainnya. Rempah-rempah tersebut selagi kita bisa tanam, ayo kita tanam,” ujar Walikota dalam acara High Level Meeting Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Manado yang digelar di ruang Toar Lumimuut Kantor Walikota Manado, Jl Balaikota No.1 Tikala, Kamis (22/1/2015) pagi.
Kemudian Walikota juga meminta semua instansi di Pemkot Manado untuk menggerakkan kembali penggunaan lahan tidur supaya tidak selalu bergantung pasokan dari daerah lain. “Saya juga minta para Camat untuk menginventarisir lahan-lahan yang bisa digunakan untuk menanam,” ujar Walikota didampingi Wawali Harley Mangindaan dan Sekkot Haefrey Sendoh.
Kemudian hal lain yang disinggung Walikota soal dampak naik dan turunnya harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. “Fenomena yang terjadi, kalau harga BBM bersubdisi naik, sehari sebelum dinaikkan, semua barang sudah mulai dinaikkan, bahkan mungkin ada yang sepihak. Tapi ketika harga BBM turun, kayaknya berat hati mereka turunkan harga barang. Ini yang terjadi,” sindir GSVL.
Karena itu dia berharap inflasi daerah bisa ditekan dengan beberapa kemungkinan yang bisa dilakukan. Hadir dalam rapat tersebut antara lain SKPD terkait, pengusaha supermarket. Sekedar diketahui, pengertian inflasi adalah suatu proses meningkatnya harga-harga secara umum dan terus-menerus (continue) berkaitan dengan mekanisme pasar.(dewe)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment