Berita Terbaru

Thursday, January 22, 2015

Pilkada Manado, KPUD masih tunggu PKPU
by donwu - 0



Manado—Seiring disahkannya Undang-Undang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Langsung, otomastis Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mengeluarkan Peraturan KPU (PKPU) karena banyak perubahan dalam UU Pilkada Langsung tersebut. Hanya saja, PKPU itu sementara dikonsultasikan ke DPR RI. “Sesuai tahapan yang telah diterbitkan KPU perlu didukung dengan PKPU. Untuk jadwal tahapan pilkada sudah ada, sedangkan aturan terkait proses dan mekanisme pelaksanaan masih menunggu disahkannya draf PKPU,” ujar Kasub Teknis Penyelenggara dan Hubungan Partisipasi Masyarakat KPUD Manado Raynold Runtu, kepada wartawan, Kamis (22/1/2015).
Adapun anggaran Pilkada Manado yang bersumber APBD Manado tahun 2015 mencapai Rp20 miliar. Dana tersebut akan digunakan pada Pilkada langsung untuk satu putaran. Hal itu pun dibenarkan Runtu, dengan menyatakan, mulanya usulan dana Pilkada oleh KPUD Rp20,8 miliar, namun yang disetujui Rp20 miliar. “Jika nanti terjadi dua putaran, mengingat pelaksanaannya pada tahun 2016, maka anggarannya akan diusulkan pada pembahasan APBD tahun 2016,” ungkapnya.
Runtu juga menjelaskan, UU Pilkada terdapat aturan soal tahapan Pilkada yang mensyaratkan dilakukan uji publik, sehingga KPU Manado akan merekrut personil dalam pembentukan tim uji publik. “Tim uji publik terdiri dari 5 orang. Perwakilan KPU 1 orang dan 4 orangnya lagi tokoh masyarakat. KPU yang akan nantinya membuka pendaftaran dan menentukan tim uji publik ini,” ujar dia.
Namun, untuk menghindari kekeliruan mekanisme dan syarat peserta Pilkada, KPU Manado sedang menunggu persetujuan DPR RI soal PKPU. “KPU masih akan konsultasi dengan Komisi II DPR RI, untuk penerbitan PKPU. Ini bertujuan untuk menghindari persoalan kedepannya. UU Pilkada yang sudah ditentukan oleh DPR RI, maka seluruh PKPU juga harus dikonsultasikan ke DPR RI,” terang Runtu.(try2)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment