Berita Terbaru

Sunday, January 18, 2015

Perayaan “Kunci Taong” Warga Lingkungan V Perumnas Paniki II
by RONAL ROMPAS - 0

Seyla Mangindaan-Kudati: Tradisi positif yang harus dilestarikan warga Manado

FOTO Bersama Ny. Seyla Sichilia Mangindaan-Kudati bersama Panitia “Malam Bakudapa” dan warga Lingkungan V Kelurahan Paniki II Kecamatan Mapanget.(Foto: onal/sk)
KEKELUARGAAN dan kebersamaan yang dimiliki oleh warga yang ada di Kelurahan Perumnas Paniki II Lingkungan V, Kecamatan Mapanget, Kota Manado, patut mendapat acungan 2 jempol. Bahkan, ini bisa menjadi salah satu contoh positif bagi seluruh masyarakat yang ada di ibukota Provinsi Sulut ini.
Kedua hal mendasar hidup bermasyarakat tersebut terpancar saat menggelar acara "Malam Bakudapa" dalam rangka mengakhiri seluruh rangkaian peringatan Natal 2014 dan Tahun Baru 2015. Acara ini dikenal juga dengan acara "Kunci Tahun" oleh masyarakat daerah Nyiur Melambai pada umumnya.
Acara yang merupakan agenda tahunan warga Lingkungan V Kelurahan Perumnas Paniki II ini, kali ini turut dihadiri oleh istri dari Wakil Walikota Harley "Ai" Mangindaan, Ny. Seyla Sichilia Mangindaan-Kudati.
“Ini tradisi positif yang harus dilestarikan oleh seluruh masyarakat Kota Manado. Nah, apa yang dilakukan oleh warga Kelurahan Perumnas Paniki II Lingkungan V ini adalah contoh positif yang harus ditiru oleh kelurahan-kelurahan lain yang ada di wilayah Kota Manado,” kata ibu Seyla.
Ketua Panitia “Malam Bakudapa” Kelurahan Perumnas Paniki II Lingkungan V, Pnt Theresia Mekel SPd mengatakan, kegiatan tahunan ini merupakan hasil swadaya warga yang ada untuk memupuk semangat kekeluargaan dan kebersamaan yang ada di lingkungan ini. “Suksesnya acara ini tak lepas dari sumbangsi seluruh masyarakat yang ada di lingkungan ini, tanpa terkecuali. Semangat gotong royong yang sangat besar yang selalu ada ini, sudah mendarah daging bagi warga di sini,” tuturnya yang saat itu didampingi oleh Sekretaris Panitia, Leydi Tasiam.
Sementara itu, Kepala Lingkungan V Kelurahan Perumnas Paniki II, Refly Pelealu menjelaskan, kegiatan “Malam Bakudapa” ini juga adalah sebuah fasilitas atau sarana untuk menjaga rasa kekeluargaan dan kebersamaan di lingkungan ini. “Dengan adanya kegiatan-kegiatan yang digelar warga yang ada seperti ini, maka secara otomatis, keamanan, ketertiban dan kenyamanan di lingkungan ini terus terpeliharan dan terus ditingkatkan. Ini juga merupakan salah satu agenda dan program kami aparat pemerintah yang ada di lingkungan ini,” tandasnya.
Steiven Jocom, salah satu tokoh pemuda di Lingkungan V Kelurahan Perumnas Paniki II menuturkan, acara “Malam Bakudapa” ini juga menjadi hajatan untuk menumbuh-kembangkan rasa bermasyarakat yang positif bagi generasi muda yang ada di lingkungan ini. “Dengan demikian, generasi muda yang ada di lingkungan ini terdorong untuk melakukan kegiatan-kegiatan positif dan lebih bermanfaat. Ini juga meminimalisir adanya prilaku-prilaku negatif di kalangan anak muda di lingkungan ini,” pungkasnya.(oro) 
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment