Berita Terbaru

Wednesday, October 8, 2014

Lombok sorot arsip Deprov tak lengkap
by RONAL ROMPAS - 0

BILLY Lombok.
Manado–Anggota Deprov Sulut Billy Lombok SH menyorot kelengkapan arsip di kandot Deprov Sulut. Dia mengaku heran karena tidak adanya perpustakaan di kantor tersebut yang seharusnya menjadi salah satu tempat para legislator maupun rakyat Sulut mencari informasi. “Di sini tidak ada perpustakaan, menandakan arsip dan dokumen anggota dewan dari masa ke masa tidak lengkap,” ujarnya di Gedung Parlemen, Jl Pemuda No.6, Sario Manado, Rabu (8/10) kemarin.
Hal ini seharusnya ada, kata legislator Partai Demokrat itu, dimaksudkan untuk meningkatkan kinerja sekaligus mempermudah mekanisme kerja anggota dewan. “Semua arsip lembaran daerah, semua dokumen keputusan dan kebijakan antar daerah di Sulut bisa dipelajari oleh anggota dewan di perpustakaan,” tutur Lombok.
Selain perpustakaan yang menyediakan arsip daerah, Sekretariat Deprov Sulut juga diharapkan mengikuti perkembangan zaman, dengan menyediakan akses informasi dan teknologi (IT) di kantor dewan. “Zaman semakin maju, kami (Legislator, red) juga perlu informasi terkini terkait perkembangan nasional maupun daerah. Jadi kalau bisa ada ruangan IT. Dengan begitu kinerja dewan dapat berjalan efektif,” tukas politisi muda dapil Minsel-Mitra tersebut, sembari mencontohkan akses IT yang tersedia saat ini di kantor Deprov Sulut tidak maksimal.
Dengan adanya ruangan IT, lanjut dia, bukan serta-merta anggota dewan sekedar menggunakannya begitu saja fasilutas tersebut, tetapi lebih kepada efektifitas kinerja dan meminimalisir perjalanan dinas. “Anggota dewan sering disorot karena keseringan melakukan perjalanan dinas. Jadi yang terpenting dengan adanya akses IT yang maksimal ini, korelasi perjalanan dinas dengan efisiensi kinerja misalnya cukup mencari tahu melalui internet tanpa harus kunjungan kerja,” terang Lombok.
Sekwan Sulut Drs Jhon Palandung MSi yang dimintai keterangan sorotan tersebut, hanya bisa menjawab terkait paerpustakaan. “Kalau perpustakaan, memang di kantor ini (gedung sekarang, red) ruangannya tidak cukup. Tapi kalau di gedung baru (sementara dibangun di Kairagi, red), akan ada ruangan untuk perpustakaan,” ujar Palandung didampingi Kabag Umum Deprov Sulut, Drs Lucky Sondakh MSi.(dewe)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment