Berita Terbaru

Wednesday, September 10, 2014

PPP tolak gabung PAN-PKS di Deprov Sulut?
by donwu - 0

Ayub Ali Albugis.
Manado—Sehari pascapelantikan, anggota Deprov Sulut periode 2014-2019 langsung disibukan dengan rapat-rapat. Salah satunya pembentukan fraksi-fraksi, khsusnya fraksi gabungan, dan langsung menentukan komposisi pimpinan fraksi. Dinamika politik di Gedung Cengkih—julukan untuk kantor Deprov Sulut—mulai terasa.
Adalah Dra Ainun Talibo, satu-satunya legislator Partai Persatuan Pembangunan (PPP), yang disinyalir menolak ajakan Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk membentuk satu fraksi. Buktinya, Selasa (9/9), istri tercinta Bupati Bolmut Depri Pontoh tersebut tak terlihat mengikuti rapat. Tak mau bergabungnya PPP bersama PAN-PKS membentuk sebuah fraksi, diduga lebih kepada ketidak-sukaan pimpinan partai berlambang Ka’bah tersebut kepada salah satu legislator PAN.
Politisi PAN Ayub Ali Albugis SE yang dimintai keterangan soal pembentukan fraksi ini, menyatakan bahwa sejak awal PAN dan PKS ingin merangkul PPP dan membentuk sebuah fraksi. Namun hingga rapat berakhir sore kemarin, politisi PPP tak hadir. “Kami sudah coba membangun komunikasi dengan beliau (Talibo, red), namun sampai rapat selesai tak juga hadir,” kata legislator incumbent tersebut.
Hanya saja, lanjut Sekretaris DPD PAN Sulut ini, sebelum Surat Keputusan (SK) dari Sekretariat Deprov Sulut keluar terkait fraksi, maka pihaknya tetap membuka ruang. Namun tidak akan merubah komposisi fraksi yang sudah terbentuk (lihat grafis) dengan nama Fraksi Amanat Keadilan (FAK). “Ya, pada dasarnya kami tetap membuka pintu kepada siapa saja yang ingin bergabung dengan fraksi kami ini. Tapi maaf, komposisi pimpinan fraksi sudah tidak bisa berubah. Jadi kalau mau gabung, ya jadi anggota,” tukas Ayub, yang telah dipercayakan menjabat Ketua FAK lima tahun kedepan.
Dengan demikian, kalau PPP tak mau bergabung atau tak ada ketambahan anggota lagi, maka FAK hanya diisi oleh dua partai politik saja yakni PAN dan PKS. Sementara itu Talibo yang coba dikonfirmasi Swara Kita tadi malam melalui telepon selular 0811490xxx, tak menjawab kendati ada nada sambung. Pun demikian melalui short message service (SMS) atau pesan singkat, hingga berita ini diturunkan tak ada jawaban.(dsw)


KOMPOSISI FRAKSI AAMATA KEADILAN

Ketua: Ayub Ali Albugis SE (PAN)
Wakil Ketua: Affan Mokodongan SH (PAN)
Sekretaris: Amir Liputo (PKS)
Anggota:
- Mursan Imban SE (PAN)
- Rita Lamusu-Manoppo (PKS)


« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment