Berita Terbaru

Thursday, September 4, 2014

Nama Imba disebut dalam kasus Bansos Manado 2008
by donwu - 0

Kejati mulai periksa eks pejabat Pemkot Manado

Ilustrasi.

Manado—Lama tak terdengar, dugaan kasus tindak pidana korupsi Bantuan Sosial (Bansos) Pemkot Manado Tahun Anggaran 2008, kembali di angkat. Kasus yang diduga merugikan negara Rp6 miliar itu kembali digenjot oleh Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulut. Untuk memaksimalkan penanganan kasus ini, pada Rabu (3/9), mantan pejabat Pemkot Manado diperiksa. Adalah mantan Kepala Sub Bagian Pembukuan di Bagian Keuangan Pemkot Manado, Nontje Kaligis, diperiksa penyidik Kejati Sulut sejak pukul 09.00-11.00 Wita, dan dicecar dengan 15 pertanyaan.
Dari pengakuan Kepala Seksi (Kasi) Penerangan Hukum dan Humas Kejati Sulut, Arif M Kanahau, pihaknya melakukan pemanggilan terhadap beberapa saksi, namun yang hadir hanya Kaligis sendiri. "Ada beberapa orang saksi yang sudah kami panggil. Tapi hari ini (kemarin, red) hanya satu orang yang diperiksa," kata Kanahau, seraya berujar bahwa pemeriksaan terhadap saksi-saksi lain akan dilakukan secara maraton hingga akhir pekan ini.
Beberapa waktu lalu, lanjut dia, beberapa orang saksi juga telah dipanggil dan sudah dimintai keterangan. Dia mengharapkan saksi-saksi yang dipanggil dapat bersifat kooperatif. “Kami harap saksi-saksi terkait yang kami panggil dapat bersifat kooperatif guna melancarkan proses pengusutan kasus ini,” tukas Kanahau.
Sementara itu, di sisi lain, sumber resmi Kejati Sulut mengungkap bahwa mantan Walikota Manado periode 2005-2010, Jimmy Rimba Rogi, diduga turut terlibat dalam kasus tersebut. Imba—sapaan akrab Rogi—, disebut-sebut turut memberikan perintah hingga akhirnya dana bansos tersebut dicairkan. “Mantan Walikota bisa terseret dalam kasus ini karena diduga turut memberikan perintah,” beber sumber. Imba pun dikabarkan berpeluang dipanggil untuk dimintai keterangan terkait penyelidikan kasus tersebut.
Sekedar diketahui, Kejati saat ini tengah mendalami beberapa kasus dugaan korupsi yang terjadi di Manado. Selain dugaan korupsi dana Bansos ini, Kejati pun tengah mengusut adanya dugaan korupsi dana APBD Manado di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar). Bahkan Kejati juga sementara mengusut lanjutan kasus dugaan korupsi APBD Manado tahun 2006-2007, yang telah menyeret mantan Walikota Manado sebagai terpidana.(lan)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment