Berita Terbaru

Tuesday, June 24, 2014

Wawali jadi pemateri APIC
by RONAL ROMPAS - 0

WAWALI Manado Harley Mangindaan hadir sebagai pemateri di APIC EMAN.(foto: tonny/sk)
Manado—Wawali Manado Dr Harley Mangindaan mendapat penghargaan menjadi pembawa materi di Asia Pacific International Conference (APIC) Environmental & Sustainable Management Accounting Network (EMAN) yang digelar di Hotel Sintesa Peninsula, Senin (23/6) kemarin.
Konferensi itu sendiri menyediakan tempat bagi para praktisi dan akademisi untuk memeriksa bukti-bukti yang disajikan dalam makalah tentang topik pembangunan berkelanjutan yang didefinisikan oleh dimensi ekonomi, sosial dan lingkungan.
Wawali yang mengambil topik tentang Pengembangan Ekoturism di Sulut Berdasarkan Perspektif Geotourism Yang Holistik menjelaskan, Sulut memiliki potensi objek wisata dengan daya tarik yang kompetitif. Kendati begitu, diakui belum semua potensi itu digarap dengan baik. “Masih rendahnya kunjungan wisatawan dapat berarti bahwa masih banyak peluang yang belum digarap daerah ini. Apabila peluang ini tidak bisa diraih, pada akhirnya akan menurunkan tingkat daya saing. Dalam hubungan dengan pariwisata, keberlanjutan mengacu pada wisata yang memperhatikan nilai ekonomi masa kini dan masa yang akan datang, dampak sosial dan lingkungan, pemenuhan kebutuhan pelancong, industri, lingkungan, dan komunitas lokal,” papar Wawali di depan Prof DrKi Hoom Lee dari EMAN (Korea), Tarisai Masamvu, Sandra Rapaciolli dari CIMA(London), Amelis Tommy Mambu Phd Rektor Unklab dan Stephan Vachon Assistant Professor di Richard Ivey School of Business (Ontario Canada).
“Kenapa geoturism? Ini karena geoturism dianggap sangat bersahabat dengan lingkungan, memberikan nilai tambah bagi komunitas lokal, bisnis yang baik, dan dikembangkan berdasarkan ide keberlanjutan dan sinergis,” terang Wawali.
Ditegaskan Wawali, secara garis besar, sumber daya inti dan faktor pendukung mempunyai hubungan kasualitas dan mendasari keunggulan kompetitif destinasi Bunaken. “Sebagai kesimpulan, ekoturism di Sulawesi Utara dapat dipertahankan dalam bingkai pembangunan yang berkelanjutan melalui pendekatan geoturism yang holistik. Faktor pendukung harus diperhitungkan oleh Sulawesi Utara dalam upaya untuk melestarikan kekayaan yang diwariskanoleh Tuhan dan kekayaan yang dikreasi oleh manusia,” tandas Wawali. (ton)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment