Berita Terbaru

Tuesday, June 17, 2014

Upaya dorong MDGs dan Basics Pemprov Sulut terbitkan Pergub
by RONAL ROMPAS - 0

WAGUB Sulut saat menjadi pembicara MDGs dan Basics Kemenpan RI di Jakarta.(foto:ist)
Manado—Wakil Gubernur Sulut, Dr Djouhari Kansil MPd menyampaikan bahwa Pemprov Sulut dalam upaya mendorong program MDGs dan Basics, maka telah menerbitkan Pergub 15 Tahun 2014 tentang Bantuan Keuangan Khusus (BKK) bagi Kabupaten/Kota di Sulut yang diambil dari dana APBD Sulut melalui dua SKPD yakni, Dinas PU dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulut. “Untuk alokasi anggarannya saat ini tinggal menunggu juknis dan dalam Perda tersebut ada sekitar 11 Kabupaten/Kota yang akan menerima bantuan tersebut,” terang Wagub dalam simposium inovasi pelayanan publik yang digelar Kemenpan RI di Grand Sahid Jaya  Jakarta, Selasa (17/6) kemarin.
Dalam pemaparan materinya yang berjudul 'Peran Pemerintah Provinsi Sulut Dalam Perkembangan Diseminasi dan Replikasi Inovasi Praktik Cerdas Untuk Pelayanan Publik', Kansil tidak hanya menyampaikan dari sisi keberhasilannya saja, namun juga dari segi permasalahannya seperti di bidang pendidikan dan kesehatan. “Seperti penanganan siswa putus sekolah dan pemerataan guru di daerah terluar, terpencil dan tertinggal. Begitu pula di bidang kesehatan yang jumlah tingkat kematian ibu dan anak masih tinggi. Hal itu lebih disebabkan karena perencanaan dan penganggarannya belum fokus mencapai SPM-MDGs,” jelas Kansil, saat tampil sebagai pembicara.
Adapun upaya-upaya yang dilakukan Basics di Sulut sepanjang 2010 sampai 2013 merupakan uji coba dengan membuat inovasi baru dan mereplikasi serta mengembangkan pendekatan yang telah sukses di 5 Kabupaten/Kota dengan menampilkan beragam inovasinya. “Seperti di Kabupaten Sitaro dengan bidang kontrak dari Sangihe mengajarnya di Sangihe, data base kesehatan di Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Desa Mapalus sehat di Kabupaten Minahasa, Perda Inisiatif pelayanan publik kesehatan di Minut dan Minahasa, kemitraan bidan, dukun, kader posyandu di Minut, sampai Desa Cerdas di Kabupaten Talaud tinggal menunggu pengetukan Dekab/Dekot di wilayah masing-masing untuk Perda inisiatif tentang pelayanan pendidikan di Kabupaten Sitaro,” ucapnya sembari mengatakan semua program-program inovasi ini sangat membatu masyarakat didaerah terpencil dan kepulauan, karena hal ini juga sejalan dengan program  MDGs yang akan diwujudkan.
Turut hadir mendampingi Wagub Sulut diantaranya, Ketua Bappeda Sulut, Roy Roring, Kadis Kesehatan, Grace Punuh, Kaban Penghubung, Jemmy Kuhu, Kasubag Perencanaan serta Keuangan Dinkes Sulut, Frets Melope. Selain Wagub Sulut, tampil sebagai pembicara juga yakni, perwakilan dari Provinsi Sulses dan Jabar.(try30)




« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment