Berita Terbaru

Thursday, June 12, 2014

Modric dkk batu sandungan tuan rumah
by donwu - 0

Jumat, 13 Juni 2014
Pukul: 04.00 Wita
Stadion: Corinthians Arena, Sao Paulo
Wasit: Yuichi Nishimura (Japan)


Sao Paulo—Tuan rumah Brasil akan menghadapi  Kroasia di pertandingan  Grup A di Sao Paulo, Jumat (13/4) pagi waktu Indonesia. Ini merupakan pertemuan keempat antar kedua tim, untuk sementara Brasil unggul 2-1 dari Kroasia. Laga ini juga merupakan pertandingan pembuka Piala Dunia 2014, sehingga diprediksi, bakal menghadirkan atmosfir yang teramat tegang di antara pemain kedua tim. Terlebih Brasil, yang tampil di bawah tekanan para pendemo penentang gelaran turnamen empat tahun itu yang dinilai terlalu mahal (US$11 miliar) dan mengancam ekonomi negeri itu. Kondisi itu membuat tim nasional Brasil, harus mampu membukukan hasil maksimal guna menekan tekanan dari para pendemo. Artinya, Luca Modric dkk bakal menjadi batu sandungan awal bagi Oscar dkk.
Dalam laga nanti, skuad Kroasia akan menyertakan dua pemain kelahiran Brasil yakni Eduardo Silva dari Shakhtar Donetsk dan gelandang Sammir dari Dinamo Zagreb. "Kita bisa melakukan lebih baik dari ini. Pemain mengatakan kepada saya bahwa mereka benar-benar terlalu lelah," ujar pelatih Kroasia, Niko Kovac. Meskipun mereka kalah di semifinal Piala Dunia 2010, namun kali ini Kroasia menjanjikan  pertandingan bagi siapa pun di hari mereka. Tujuan mereka adalah merebut kembali kemuliaan pada generasi emas pada akhir 90-an. Dengan skuad yang ada saat ini, tidak ada alasan mengapa Kroasia tidak bisa membuat dampak di Brasil 2014.
Adapun snag pengatur serangan, Luca Modric, yakni timnya mampu memberi kejutan saat menghadapi tuan rumah. "Kami bisa melangkah jauh jika kami lolos dari fase grup," kata gelandang Real Madrid itu. "Sudah cukup lama sejak kami bermain dengan tim besar seperti ini, kami tahu Brasil menghormati kami dan kami juga sadar betapa bersemangatnya mereka untuk menang pada laga perdananya di kandangnya sendiri," tukasnya. "Mereka diisi para pemain fenomenal seperti Marcelo, Thiago Silva, dan Neymar. Ketiganya pemain yang mengagumkan, menurut saya. Oleh karena itu, kami harus bermain sebagai tim karena kami tidak bisa mengandalkan satu orang melawan tim seperti itu," ujar Modrid.
Bagaimana dengan tuan rumah? Pelatih Brasil Luiz Felipe Scolari menegaskan bahwa sejauh perencanaan timnya sudah siap. Semuanya sudah diatur, ditetapkan, dan di jalur yang benar. Jika kita tetap berpegang pada jadwal ini,   mungkin segalanya akan berjalan dengan baik bagi kami. Masyarakat Brasil akan melihat apa pun selain kemenangan di final sebagai kegagalan. “Saya memiliki perspektif yang sama sekali berbeda. Saya telah memiliki banyak pengalaman, dan telah di beberapa situasi di mana tim yang mendapat  tepuk tangan dari fans mereka bahkan jika mereka tidak menjadi juara, runner-up atau bahkan finis di tempat ketiga,” ujarnya.
Sebaliknya, jauh lebih penting adalah kinerja tim. “Jika anda adalah tim seperti Brasil dan anda mengambil bagian dalam Piala Dunia, semua orang mengharapkan anda untuk mengangkat piala. Kami pasti bekerja menuju tujuan itu, tapi dengan rasa hormat yang sehat bagi tim-tim lain yang akan masuk ke dalam persaingan dengan target yang sama. Berada di rumah di Brasil, kami akan menggunakan kualitas kami untuk mencoba dan mencapai tujuan kami, dan jika kita gagal, itu karena tim lain hanya outplays dari kita,” tukas eks pelatih timnas Portugal ini.(spbc/antc/dw)

STATISTIK
Brasil: Sudah tiga kali tampil di pertandingan pembuka Piala Dunia, mengalahkan Skotlandia (1998) dan Meksiko (1950) serta seri melawan Yugoslavia (1974). Selalu memenangkan pertandingan awal mereka dalam delapan Piala Dunia terakhir.
Kroasia: Gagal di semi final Piala Dunia 2010. Kemenangan terakhir mereka 2-1 dari Italia pada Piala Dunia 2002.
Rekor pertemuan: Kedua tim sudah pernah bertemua. Pada pertandingan persahabatan 2005 di Split  berakhir imbang 1-1. Kemudian Brasil menang 1-0 di penyisihan grup Piala Dunia 2006.
Pertemuan terakhir:  Kedua tim terakhir bertemu pada 13 Juni 2006 di Berlin, Jerman dalam penyisihan Piala Dunia yang berakhir 1-0 untuk Brasil.

PERKIRAAN LINE UP

Brasil (4-3-3): 12-Julio Cesar; 6-Marcelo, 3-Thiago Silva, 4-David Luiz, 2-Dani Alves; 8-Paulinho, 17-Luiz Gustavo, 11-Oscar; 10-Neymar, 9-Fred, 7-Hulk.
Cadangan: Jefferson, Victor; Dante, Henrique, Maicon, Maxwell; Fernandinho, Hernanes, Ramires, Willian; Bernard, Jo.

Kroasia (4-2-3-1): 1-Stipe Pletikosa; 11-Darijo Srna, 5-Vedran Corluka, 6-Dejan Lovren, 2-Sime Vrsaljko; 7-Ivan Rakitic, 20-Mateo Kovacic; 18-Ivica Olic, 10-Luka Modric, 4-Ivan Perisic; 9-Nikica Jelavic.
Cadangan: Danijel Subasic, Oliver Zelenika; Domagoj Vida, Danijel Pranjic, Gordon Schildenfeld; Marcelo Brozovic, Ognjen Vukojevic, Ivan Mocinic, Sammir; Mario Mandzukic, Eduardo Da Silva, Ante Rebic.
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment