Berita Terbaru

Wednesday, June 11, 2014

Gubernur: Izin PT MMP ada pada Bupati Minut
by donwu - 0

Gubernur Sulut, Sinyo Harry Sarundajang.
Manado—Gubernur Sulut DR Sinyo Harry Sarundajang (SHS) yang turut disebut-sebut dalam aktifitas pertambangan PT Mikgro Metal Perdana (MMP) akhirnya angkat bicara. Orang nomor satu di Bumi Nyiur Melambai ini membantah dirinya turut andil pada perusahaan pengelola biji besi asal Cina itu. Pasalnya, kata dia, perusahaan tersebut tidak masuk dalam data Pemprov Sulut yang langsung ditandatanganinya. “Bisa dicek langsung, sekarang itu semua di sana (PT MMP) tertata secara transparan,” kilah Gubernur, kepada sejumlah wartawan di lobi Kantor Gubernur Sulut, Selasa (10/6).
Hal tersebut dipastikannya karena dirinya bersama-sama Forkopimda langsung turun dan melakukan kroscek ke lokasi PT MMP pada waktu lalu. “Jadi dicek langsung laporan-laporan dari masyarakat tentang isu-isu tersebut,” ungkapnya. Dikatakannya, memang ada temuan-temuan, saat dirinya bersama Forkopimda di lokasi tersebut, tapi menurutnya temuan tersebut tidak seperti yang dilaporkan para warga. “Perusahaan itu tidak mungkin akan beroperasi kalau tidak mendapatkan izin, dan izin-izin apa itu saya tidak bisa jelasakan secara rinci,” ujar Gubernur.
Diakuinya juga, selama ini diketahuinya hanya ada dua perusahaan kontrak karya di bidang pertambangan emas yang beroperasi di Sulut, yakni PT Jesources di Boltim dan PT MSM juga di Minut. “Kontrak karya itu berarti ada kerjasama langsung antara pihak luar negeri dan pemerintah pusat melaui provinsi lewat Gubernur. Jadi untuk PT MMP itu, izinnya ada pada Bupatinya (Sompie Singal, red),” tegasnya.
Bupati Minut yang kembali dimintai keterangannya usai mengadakan rapat tertutup dengan Sekprov Sulut Ir Siswa Rachmat Mokodongan, memastikan, proses tahapan reklamasi di lokasi pengelolaan PT MMP sudah diberhentikan dengan izin perpanjangan belum ada kepastian yang pasti apakah dilanjutkan atau tidak. “Proses eksplorasi yang masih jalan yang izinnya sampai 19 Juli 2014 mendatang,” ungkap Singal.(try30/dw)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment