Berita Terbaru

Tuesday, June 24, 2014

Eman raih prestasi pengelolaan keuangan terbaik
by RONAL ROMPAS - 0

WALIKOTA Tomohon saat menerima LHP dari Kepala BPK RI Perwakilan Sulut, Andi Kangkung Lologau, kemarin.  (foto: ist)
Tomohon—Prestasi gemilang kembali ditorehkan oleh Pemkot Tomohon dengan berhasil mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK Tahun 2013. Penyerahan LHP BPK untuk pengelolaan keuangan tahun 2013 ini, Senin (23/6) kemarin, diserahkan langsung oleh Kepala BPK RI Perwakilan Sulut, Andi Kangkung Lologau MM Ak kepada Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak dan disaksikan langsung oleh para Walikota/Bupati, Ketua Dekot Tomohon Andy Sengkey SE serta Sekkot Tomohon DR Arnold Poli SH di aula Kantor BPK.
Walikota Tomohon mengatakan, prestasi nyata ini diperoleh berkat komitmen kerja keras, kerja cerdas dan kerja tuntas yang mandiri, diwujudkan Pemkot Tomohon melalui proses pengelolaan keuangan dan aset sehingga sukses mendapatkan penilaian terbaik. Capaian ini naik satu tingkat dari penilaian tahun kemarin yaitu Wajar Dengan Pengecualian (WDP) dan tahun sebelumnya sempat dapat Opini Disclaimer.
Capaian spektakuler meraih opini WTP dalam LHP BPK Tahun 2013 merupakan torehan tinta emas Walikota Tomohon yang begitu peduli dalam memacu proses pembangunan yang menyentuh kebutuhan mendasar seluruh komponen masyarakat lewat pengelolaan keuangan yang baik sesuai aturan dan perundang-undangan yang berlaku.
Dengan diraihnya WTP, maka Walikota kembali mengukir sejarah dalam pemerintahan dan kemasyarakatan khususnya dalam pengelolaan keuangan yang meraih WTP untuk pertama kali selang perjalanan Kota Tomohon selama 11 tahun. “Tujuan pelaksanaan LHP ini adalah untuk memberikan opini atas kewajaran informasi pengelolaan keuangan yang disajikan dalam laporan keuangan sesuai dengan kriteria penilaian yang antara lain kesesuaian dengan standar pengelolaan keuangan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan serta efektivitas system pengelolaan keuangan masing-masing pemerintah daerah,” jelas Walikota.
Sekkot Tomohon DR Arnold Poli SH mengatakan, prestasi yang diraih Pemkot Tomohon ini sudah sangat baik bila dilihat dari tahun-tahun sebelumnya, Tomohon mendapatkan Disclaimer dan naik menjadi Wajar Dengan Pengecualian (WDP).
Untuk mendapat opini ini, kata Poli, itu berkat Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di jajaran Pemkot Tomohon dimana sudah cukup handal dalam mengelolah keuangan dan aset. “Kualitas SDM perlu dipertahankan. Kalau perlu bisa ditingkatkan lagi,” ujar Poli.
Untuk mempertahan opini WTP tersebut, Poli berencana akan memasukkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) tahun 2014, untuk anggaran peningkatan SDM di bidang keuangan dan aset. “SDM di Kota Tomohon memiliki kemampuan yang baik. Meskipun demikian, anggaran peningkatan SDM akan direncanakan dimasukkan dalam APBD-P 2014,” katanya.
Sementara itu, Ketua Dekot Tomohon, Andi Raymond Sengkey SE mengatakan keberhasilan yang diraih, semuanya berkat hasil kerja keras semua pihak. Untuk itu dirinya mengucapkan selamat kepada kabupaten/kota yang meraih WTP. “Bagi yang meraih WDP, semoga tahun depan bisa meraih WTP. Inilah yang bisa dipersembahkan kami sebagai anggota dewan di akhir periode pelayanan kepada masyarakat, dan nantinya akan dilanjutkan anggota DPRD yang terpilih. Terima kasih kepada BPK yang telah melaksanakan tugas dengan baik dan selamat kepada Walikota Jimmy F Eman SE AK bersama jajaran Pemkot Tomohon yang telah sukses meraih WTP,” jelas Sengkey.
Capaian WTP bagi masyarakat menunjukkan aparatur yang bersih dan berwibawa, kewajaran dalam suatu laporan keuangan dan kesepakatan target program dan kriteria yang telah ditentukan bersama, selaras dengan komitmen. Kriteria tersebut antara lain memenuhi standar akuntansi pemerintah, dan tidak menyesatkan seperti ada laporan yang jujur, tidak ada yang disembunyikan, angka yang disajikan wajar dan mengacu standart yang dipakai negara lain.
Sementara itu, Ketua Komisi A Dekot Tomohon Drs Paulus Sembel memberikan ucapan kepada Pemkot Tomohon karena telah berhasil mendapatkan opini WTP. “Ini prestasi luar biasa yang sangat pantas diapresiasi. Ini juga menunjukkan pengelolaan keuangan Pemkot Tomohon sudah sangat baik, sebab mendapat opini tertinggi dari opini-opini yang selama ini dikeluarkan BPK RI,” katanya.
Dirinya berharap kiranya opini WTP ini bisa dipertahan untuk tahun-tahun mendatang. “Tapi harus diingat bawah opini WTP bukan berarti tidak ada 'kebocoran' atau 'indikasi korupsi'. Oleh sebab itu, kita jangan sampai lengah supaya tidak terjebak pada hal yang merugikan keuangan negara,” pintanya. (glen)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment