Berita Terbaru

Tuesday, May 20, 2014

Walikotasegera ditindaklanjuti laporan BPK RI
by RONAL ROMPAS - 0

Walikota Jimmy F Eman, menerima laporan BPK untuk segera ditindaklanjuti.(foto:ist)
Tomohon—Setelah selama 40 hari tim Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sulawesi Utara melaksanakan audit keuangan di Pemkot Tomohon, maka Senin (19/5) kemarin, bertempat di Aula Lantai III Kantor Walikota Tomohon dilaksanakan kegiatan Exit Briefing dengan BPK RI Perwakilan Sulawesi Utara. Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Kota Tomohon bersama seluruh jajaran Pemkot Tomohon.
Walikota Tomohon, Jimmy F Eman SE Ak mengatakan, bahwa ada beberapa catatan yang telah diserahkan oleh tim BPK, dan itu akan segera ditindaklanjuti oleh Pemkot Tomohon. “Saya menyampaikan ucapan terima kasih atas bimbingan, arahan dan tuntunan yang telah diberikan oleh tim BPK kepada pemerintah Kota Tomohon dalam rangkah untuk memaksimalkan kinerja dari tiap-tiap SKPD yang ada di jajaran Pemerintah Kota,” katanya.
Menurutnya, ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan agar kedepan pengelolaan keuangan semakin baik. Bahwa dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, banyak kemajuan yang diperlihatkan kota Tomohon. “Ada beberapa hal diantaranya adalah bahwa ketika kita membuat pertanggungjawaban akan hal yang telah kita lakukan, pertanggungjawabkanlah itu sesuai dengan hal yang kita lakukan,” katanya.
Sementara itu, Ketua Komisi A Bidang Politik, Hukum dan HAM Dekot Tomohon, Drs Paulus Adrian Sembel mengatakan, jika ada Tuntutan Ganti Rugi (TGR) yang berasal dari tahun 2011 hingga 2012 belum ditindaklanjuti, sudah sepantasnya dipertanyakan oleh BPK RI agar tidak menjadi preseden buruk dalam pengelolaan keuangan kota Tomohon. “Jika BPK RI justru membiarkan hal ini, maka bisa diduga ada apa-apanya dengan pihak Pemkot Tomohon. Jika ada unsur kesengajaan bahwa TGR 2011 atau 2012 belum ditindaklanjuti, maka ini namanya 'pembangkangan' atas perintah UU. Jika sudah demikian, sudah sewajarnya temuan BPK RI yang tidak ditindaklanjuti menjadi bahan/dokumen penting untuk disidik pihak berwenang dan dimasukkan sebagai bahan tipikor,” kata Sembel.
Ditambahkan Sembel, semangat Pemkot Tomohon untuk berupaya meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) di tahun 2013, rasanya akan terganjal dengan masalah belum ditindaklanjutinya temuan-temuan pada tahun sebelumnya. “Kalaupun akhirnya dapat WTP, akan jadi pertanyaan besar dari masyarakat kota Tomohon mengingat temuan tahun-tahun sebelumnya belum ditindaklanjuti,” jelasnya.(gebe)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment