Berita Terbaru

Sunday, May 18, 2014

Sulut segera ekspor miras
by RONAL ROMPAS - 0

INILAH jenis minuman tradisional Sulut Waraney dan Wulan yang bakal diekspor (foto:sm)
Manado—Pemprov Sulut melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulut, mulai merencanakan untuk melakukan ekspor ke luar negeri terhadap minuman keras (miras) tradisional Sulut berupa Cap Tikus. Hal tersebut dikatakan Kadis Perindag Sulut, Olvie Ateng. “Jadi ini baru direncanakan. Namun tahap pertama dulu kami lakukan promosinya dulu,” ungkap Ateng kepada sejumlah wartawan dalam kegiatan pameran Bussines International Symposium 2014 di Gedung MCC Manado, belum lama ini.
Menurutnya minuman tradisional khas Sulut berlabel Waraney dan Wulan tersebut, selain telah melewati proses pemeriksaan dari lembaga kesehatan di Sulut, juga mempunyai masing-masing perbedaan baik secara khasiat maupun kadar alkohol yang terkandung didalamnya. “Kalau Waraney, karena beralkohol 36%, itu buat pria dan baik untuk menjaga stamina. Sedangkan untuk Wulan, dikhususkan bagi wanita dengan kadar alkohol 25% dengan manfaat khusus bagi kewanitaan,” terangnya.
Selain minuman tradisional, Ateng juga memperkenalkan satu karya para petani air nira dari Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) yakni kompor yang memakai bahan bakar bio etanol yang bahan bakunya juga dari air nira. “Jadi kompor berbahan bakar tradisional ini juga telah dilakukan uji coba dan aman bagi pemakainya,” tandasnya.(mld)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment