Berita Terbaru

Tuesday, May 20, 2014

SHS serahkan masalah PT MMP ke Bupati Minut
by RONAL ROMPAS - 0

Gubernur Sulut, DR Sinyo Harry Sarundajang (SHS)
Manado—Gubernur Sulut, DR Sinyo Harry Sarundajang (SHS) akhirnya angkat bicara terkait masalah pembatalan Ijin Usaha Pertambangan (IUP) pasir besi milik dari PT Mikro Metal Perdana (MMP) di Pulau Bangka Kabupaten Minahasa Utara (Minut) yang telah divonis pihak Mahkama Agung (MA) pada tahun 2013 lalu.
Gubernur mengakui, informasi hasil putusan MA soal pembatalan IUP PT MMP masih kurang jelas diterimanya. “Saya belum bisa mengatakannya sekarang, karena saya tidak jelas juga mengenai putusan MA tersebut,” ungkap Gubernur kepada sejumlah wartawan usai acara penutupan pelaksanaan iven WCRC di Hotel Grand Novotel Manado, belum lama ini.
Akan tetapi untuk masalah tersebut, Gubernur tidak akan hanya melihat dari satu sisi saja. Untuk kepentingan lebih besar, dirinya berjanji akan melihat lagi aktifitas pertambangan dari PT MMP. “Nanti, mungkin dalam beberapa hari ini akan kita jelaskan lagi secara resmi. Targetnya dalam seminggu ini,” janjinya.
Sementara itu, untuk dugaan reklamasi yang dilakukan pihak PT MMP dan telah melakukan pengrusakan biota laut, Sarundajang juga berjanji akan melakukan pengecekan. “Iya, makanya kita mau lihat dulu, apakah itu termasuk reklamasi atau tidak, dan harus dibatalkan, dilarang atau bagaimana. Intinya saya belum jelas. Tapi yang paling jelas itu, jika anda (wartawan,red) bisa langsung ketemu Pak Bupati Minut (Sompie Singal,red) untuk menanyakannya, itu baru lebih bagus. Nanti sesudah beliau berikan tanggapan, baru saya bisa memberikan penjelasan resmi,” tandas Sarundajang.
Diketahui, pihak MA pada waktu lalu telah memenangkan gugatan masyarakat di Pulau Bangka Minut atas tuntutan terhadap PT MMP bersama Bupati Minut. Bahkan MA telah mengeluarkan surat putusan pembatalan IUP PT MMP bernomor putusan 291 K/TUN/2013 Jo. No 165/B.TUN/2012/PT.TUN. Mks tanggal 01 Maret Tahun 2013 yang membatalkan IUP Eksplorasi PT MMP No 162 Tahun 2010 dan perpanjangannya No 152 Tahun 2012 yang diterbitkan Bupati Minut.(mld)

« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment