Berita Terbaru

Thursday, May 22, 2014

Sekkot jamin tidak ada faktor X
by RONAL ROMPAS - 0

SEKKOT Manado Haefrey Sendoh menyematkan nomor seleksi bagi calon paskibraka dan juga siwa teladan.            (foto: tonny/sk)
Manado—Sekkot Manado, Ir Haefrey Sendoh menjamin dalam seleksi Calon Paskribaka (Capas) dan Siswa Teladan (Sistel) Manado, tidak ada faktor X. Hal ini dikemukakan Sendoh ketika membuka seleksi Sistel dan Capas di aula serba guna SMK Negeri 3 Manado, Rabu (21/5) kemarin.
Diketahui, kegiatan ini diikuti 114 peserta Capas dari 24 sekolah SMA/SMK/MA di kota Manado, dan 89 orang peserta Sistel yang terbagi atas 16 peserta tingkat SD/MI, 32 peserta tingkat SMP/MTS, 31 peserta SMA/MTS, 10 peserta SMK. “Untuk Paskibraka akan terpilih sebanyak 50 orang siswa dan siswi, dan untuk siswa teladan akan terpilih 6 orang dari SD, SMP dan SMA. Untuk itu saya tegaskan agar para pembina maupun panitia jangan jadikan seleksi ini untuk mendapatkan keuntungan pribadi,” pesan Sekkot. 
Dikatakannya, antara pembina dan peserta harus ada balance. “Peserta menjalankan tanggung jawabnya mengikuti seleksi dengan menunjukkan kelayakannya sebagai putra-putri daerah terbaik, sedangkan pembina maupun panitia harus bisa memberikan penilaian secara objektif. Kalau memang juara, harus juara,” tegas Sendoh.
Menurutnya, komitmen dan konsistensi semua pihak harus terus dijaga. “Kebanggaan harus ditumbuhkan di benak peserta, sehingga mereka merasa memang layak untuk menjadi wakil Manado, Sulut, maupun Indonesia. Dengan kata lain, mereka yang terpilih bukan karena faktor X,” kata Sendoh.
Diakui Sekkot, selama ini banyak bisikan yang masuk terkait hasil seleksi Capas maupun Sistel banyak dipengaruhi kedekatan. “Kedekatan apakah itu keluarga atau kerabat kadis, kepala bidang, dan lainnya,” terangnya.
Tak ayal, Sekkot pun mengancam akan memberikan sanksi berat kepada Pembina yang kedapatan mencari keuntungan untuk kepentingan sesaat. Sementara itu, Sendoh menyematkan nomor seleksi bagi calon paskibraka dan juga siwa teladan. Kegiatan seleksi ini akan dimulai 21 Mei sampai 24 Mei 2014 yang akan dilaksanakan di SMK 3, Dinas Pendidikan Kota Manado, Lapangan KONI dan lapangan Tikala Manado.
Dalam pembukaan ini dihadiri juga oleh Kadis Diknas Kota Manado Dante Tombeg, Kabid PNFI Nortje Mengko, Ketua Tim Seleksi Paskibraka Rudy Senduk dan Perwakilan Kodim 1309 Sersan Mayor Antonius Kereh.(ton)

« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment