Berita Terbaru

Tuesday, May 13, 2014

Rakor Sentas T Plus, SKPD dipertanyakan
by RONAL ROMPAS - 0

WAWALI Manado Dr Harley Mangindaan ketika membuka Sentas T Plus.(foto: tonny/sk)
Manado—Program reguler Senin Tuntas Temuan Plus (SENTAS T PLUS) di ruang rapat Toar-Lumimuut Pemkot Manado, tampaknya mulai dinilai tidak penting lagi bagi Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dijajaran Pemkot Manado.
Padahal, kegiatan Sentas T Plus bertujuan meningkatkan kesadaran, mengubah mindset dan paradigma aparatur di jajaran Pemkot Manado agar bebas dari kekeliruan administrasi dan penyimpangan, termasuk penyelesaian rekomendasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI. “Momen ini baik untuk melakukan perubahan kearah yang benar. Jadi saya harapkan kalau diundang, tolong hadir,” cetus Wawali Manado Dr Harley Mangindaan saat membuka rapat tersebut, Senin (12/5) kemarin.
Tapi disatu sisi, meski ada Senta T Plus, tapi tidak ada action positif bagaimana Manado akan jadi percontohan. “Apakah kalian tidak kasihan sama Pak Walikota yang berupaya memberikan ide Senta T Plus ini, tapi tidak ada dukungan dari kita semua? Saya percaya, kalau ada laporan yang terkendala, pasti ada jalan keluar sehingga mari kita selesaikan. Kalau terhadang kendala, mari komunikasikan,” harap Wawali.
Ada data saat ini yang telah diberikan, tapi diharapkan jangan hanya sebagai laporan tapi tindaklanjut penyelesaiannya masih nihil. “Saya tekankan, jangan menjebak pimpinan atau kalian dijebak staff. Karena persoalan ini sejak 2011-2012 yang tentunya menjadi perhatian pimpinan. Ini menjadi tantangan kita semua. Saya berharap jangan ada yang katakan asik yang kita dengar, tapi tidak asik dalam pertanggungjawaban,” sindir Wawali.
Ditambahkan Wawali, jangan ada SKPD menutup diri ketika meja tetap, tetapi orangnya diganti. “Saya tahu semua keluhan yang ada di Pemkot Manado termasuk di SKPD. Jadi saya harap jangan terjadi hambatan atau kebuntuan dalam penyelesaian semua yang perlu dituntaskan secepatnya. Prinsip itulah perlu kita pegang untuk saling mengingatkan yang ujungnya ada penyelesaian yang baik. Saya harap Inpekstorat bisa terus mendata dan berikan masukan apa yang harus dilakukan sebagai tindak lanjut yang disesuaikan dengan aturan yang menjadi harapan besar Walikota GS Vicky Lumentut. Laporan upaya penyelesaian agar ditembuskan kepada saya dan Walikota supaya bisa terlihat jelas bagaimana Senta T Plus ini kedepan,” tegas Wawali.
Sementara itu, dimintai tanggapan, Sekkot Manado Ir Haefrey Sendoh menegaskan, ketidakhadiran atau keterlambatan beberapa kepala SKPD dalam pertemuan Sentas T Plus tentunya memiriskan. "Jika sakit atau ada pekerjaan yang tidak bisa diwakili, wajib berikan laporan," kata Sekkot.
Sekkot juga menyampaikan kepada kepala-kepala SKPD untuk lebih memperhatikan kinerja bawahannya. "Kepala SKPD harus lebih memperhatikan kinerja bawahannya. Saya berharap dalam forum Senta T Plus ini sudah ada laporan perbaikan terkait dengan temuan-temuan, karena hal itu juga bagian dari evaluasi kinerja SKPD,” tandas Sendoh.(ton)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment