Berita Terbaru

Wednesday, May 14, 2014

Polres Siapkan pasal 319, KPU Ketuk palu jam 10 malam
by RONAL ROMPAS - 0

Tiga komisioner saat membubuhkan tandatangan dalam brita acara disaksikan langsung Kasat Reskrim
Lolak—Lanjutan Pleno penetapan caleg terpilih oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), akhirnya menemukan keabsahan sebelum pukul 00.00 wita yakni sekitar pukul 21.30 wita. Artinya lima komisioner ini, berhasil terhindar dari ancaman pidana sebagaimana yang di tertera dalam undang-undang nomor 8 tahun 2012.

Pleno penetapan caleg terpilih di putuskan dan ditandai dengan ketukan  palu oleh Ketua KPU Bolmong Fahmi Ghz Gobel, setelah KPU Bolmong secara resmi menolak secara resmi surat rekomendasi yang dilayangkan Dewan Pengurus Daerah (DPD) partai Golkar. yakni surat yang berisi penganuliran dua caleg terpilih dari dapil 5 dan 6.

Sebelum ditetapkan pun,  Ketua KPU memberikan ruang kepada para sakasi untuk memberikan kesan dan pesan. namun malah terjadi adu argumen antara para saksi dan anggota komisioner. di mana, saksi meminta keabsahan dari KPU, karena dalam berita acara penetapan masih ada tiga anggota komisioner yang tidak membubuhkan tandantangan. mereka adalah Lilyanti Mahmud, Deandles Sowambilade dan Isnaidi Mamonto.

Atas masukkan salah satu saksi dari PDI-P, terkait isi berita acara, akhirnya KPU menyepakati melakukan perubahan format dengan menyisihkan Caleg dari partai golkar dalam penetapan.

Ketua KPU Bolmong Fahmi Ghz Gobel mengatakan, keputusan yang diambil pihaknya sudah benar, dan tidak melanggar aturan manapun, sehingga Ia berharap atas hasil yang sudah diputuskan bersama, bisa membawa daerah bolmong yang tercinta maju kearah yang lebih baik. ditangani seluruh calon anggota dekab Bolmong periode 2013-2019. “keputusan ini sah dan mutlak adanya, kami hanya menjalankan sesuai undang-undang dan peraturan yang berlaku,” ucap Fahmi usai pleno.

Meski demikian, Kasat Reskrim polres Bolmong AKP Iverson Manossoh sudah mempersiapkan aturan yang jika dilanggar maka, pihak Polres tidak segan-segan menetapkan pihak KPU Sebagai tersangka. yakni Undang-undang nomor 8 tahun 2012 pasal 319. Tentang Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah “saya bahka sudah mempersiapkan buku ini sejak dua bulan lalu, untuk membantu penyellenggara dalam melakukan tahapan pemilu,”  ujarnya.


Kapolres Bolmong AKBP Hisar Siallagan SIK melalui Kabag Oprasional polres Bolmong Kompol Nanang Nugroho SIK juga mengaku, telah mempersiapkan 150 personil dalam melakukan pengamanan untuk jalannya tahapan pleno KPU Bolmong, “yah, sebagian 50 anggota dari mako Brimob Inuai,” terang Nanang yang didampingi Kapolsek Dumoga Utara IPTU Rusdin Zima, Kapolsek Lolak AKP Dadang Nugroho, Kapolsek Lolayan AKP Johan Damopolii, Kapolsek Dumoga Barat AKP Tusman Lomboan. (try26)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment