Berita Terbaru

Tuesday, May 13, 2014

Perda miras ditetapkan Juli
by RONAL ROMPAS - 0

Anggota Komisi II Deprov Sulut, Victor Mailangkay
Manado—Anggota Deprov Sulut, Victor Mailangkay mengungkapkan, terkait rancangan peraturan daerah (Ranperda) minuman keras (Miras) yang tengah didorong dan digodok Komisi II bidang Perekonomian Deprov Sulut bekerjasama pihak Polda Sulut dan Pemerintah Daerah (Pemda), direncanakan sudah akan ditetapkan pada bulan Juli nanti. “Jadi dari Perda Nomor 18 Tahun 2000 tentang miras sebelumnya akan diganti atau direfisi dengan Perda baru,” jelas Mailangkay, kepada sejumlah wartawan di ruang kerjanya di Deprov Sulut, Senin (12/5) kemarin.
Adapun alasannya bakal direvisinya Perda lama, menurutnya, karena masih terdapat beberapa kelemahan secara hukum. “Dirancangnya Ranperda yang baru, nanti materinya diperkirakan akan berubah hingga 70%,” jelas anggota Komisi II Bidang Perekonomian ini.
Dalam membahas Ranperda miras nanti, menurutnya, juga akan melibatkan seluruh unsur, mulai dari rumah sakit (RS) Ratumbuisang, Badan Penanggulangan Narkotika, Polda Sulut, terutama Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulut dan Kabupaten/Kota. “Ini menyangkut distribusi dan perdagangan sehingga Disperindag pun bisa berperan aktif dalam mensosialisasikan kepada para petani pohon aren di Kabupaten/Kota,” tukasnya.
Pokok Ranperda ini diantaranya, menyangkut pengaturan, pengawasan, peredaran serta pembatasan dimana disitu juga akan berkaitan dengan psoses produksi, baik dalam daerah maupun luar serta berapa banyak yang akan dijual petani ke pasaran. “Kemudian produksi dari luar masuk ke daerah, itu juga akan kita atur. Selain itu, tentang distribusi dari luar masuk ke Sulut, itu harusnya kewenangan Provinsi, tapi kalau distribusi dari distributor kepada pengecer/penjual itu kewenangan pemerintah di Kabupaten/Kota. Intinya nanti kita akan atur semua secara baik dan tidak merugikan para petani,” pungkasnya.(mld)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment